Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dari Cara Jenderal Andika Menjawab, Sepertinya Memang Menandakan Keretakan dengan Dudung

Selasa, 06 September 2022 – 14:16 WIB
Dari Cara Jenderal Andika Menjawab, Sepertinya Memang Menandakan Keretakan dengan Dudung - JPNN.COM
Kepala Center for Intermestic and Diplomatic Engagement (CIDE) Anton Aliabbas menilai hubungan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dengan KSAD Jenderal Dudung Abdurachman bukan sekadar isu belaka. Ilustrasi (ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden)

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Center for Intermestic and Diplomatic Engagement (CIDE) Anton Aliabbas menilai keretakan hubungan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dengan KSAD Jenderal Dudung Abdurachman bukan sekadar isu belaka.

Anton mengatakan itu setelah mendengar pernyataan Andika yang ditanya wartawan tentang isu keretakan hubungan mantan Danpaspampres itu dengan Dudung.

Menurut Anton, Andika hanya berbicara secara normatif menyikapi kabar disharmoni tersebut.

"Hal ini dapat diartikan hubungan dua elite TNI tersebut tidak sedang baik-baik saja," kata peraih doktor bidang pertahanan dari Cranfield University, Inggris itu melalui keterangan persnya, Selasa (6/9).

Anton menyebut hubungan antara pimpinan di TNI memang biasa mengalami pasang dan surut.

Menurutnya, dalam sebuah organisasi, termasuk institusi militer, keberadaan budaya politik menjadi hal biasa.

"Akan tetapi, tentunya, dalam kadar tertentu, hal tersebut dapat mengganggu performa institusi dalam menjalankan tupoksi dan mencapai tujuan yang ditetapkan," ujar Anton.

Namun, pengamat pertahanan itu mengingatkan budaya politik yang tidak sehat bisa memunculkan dampak destruktif bagi organisasi militer seperti TNI.

Anton Aliabbas menilai Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa hanya berbicara secara normatif menyikapi kabar disharmoni tersebut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close