Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dari Sekolah, Menko PMK Gelorakan Semangat Berkoperasi demi Kemandirian Bangsa

Rabu, 26 Juli 2023 – 23:24 WIB
Dari Sekolah, Menko PMK Gelorakan Semangat Berkoperasi demi Kemandirian Bangsa - JPNN.COM
Menko PMK Muhadjir Effendy menjadi narasumber dalam acara National Cooperative Summit Tahun 2023 dengan tema Revolusi Mental Gerakan Indonesia Mandiri Bersama Bangga Koperasi di Sekolah Melalui Koperasi di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta, Sabtu (22/7). Foto: Kemenko PMK

jpnn.com, YOGYAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan generasi masa depan perlu memiliki kesadaran mengenai koperasi sebagai bentuk pembelajaran karakter kewirausahaan secara partisipatif.

Hal tersebut ia sampaikan saat menjadi narasumber dalam acara National Cooperative Summit Tahun 2023 dengan tema Revolusi Mental Gerakan Indonesia Mandiri Bersama Bangga Koperasi di Sekolah Melalui Koperasi di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta, Sabtu (22/7).

"Koperasi adalah soko guru ekonomi nasional. Maka sudah saatnya koperasi digelorakan kembali agar kemandirian dan kedaulatan bangsa tercapai," ucap Muhadjir.

Lebih lanjut, Menko Muhadjir juga mengatakan bahwa untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat Indonesia diperlukan sosok yang memiliki pemahaman utuh tentang koperasi.

Untuk itu, dibutuhkan literasi koperasi di dunia pendidikan dan sekolah.

Salah satunya melalui Gerakan Nasional Revolusi Mental di sekolah-sekolah, yang merupakan wujud Gerakan Indonesia Mandiri sebagaimana amanah Presiden Joko Widodo dalam Nawacita.

"Revolusi mental itu sendiri merupakan perubahan cara berfikir, bersikap, dan bertindak dari yang kurang baik menjadi lebih baik serta yang sudah baik semakin lebih baik sehingga revolusi mental itu tidak pernah berhenti," tuturnya.

"Harus ada sosok yang memiliki pemahaman yang utuh terkait Koperasi sehingga dapat mengimplementasikan gerakan bangga berkoperasi di Indonesia," lanjut Muhadjir.

Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan generasi masa depan perlu memiliki kesadaran mengenai koperasi sebagai bentuk pembelajaran karakter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close