Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Darling Squad Hijaukan Kompleks Percandian Gedong Songo

Kamis, 05 Maret 2020 – 14:00 WIB
Darling Squad Hijaukan Kompleks Percandian Gedong Songo - JPNN.COM
Penanaman pohon di kompleks percandian Gedong Songo, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (5/3). Foto: Djainab Natalia Saroh/JPNN

jpnn.com, SEMARANG - Sebanyak 868 pohon dan semak ditanam di berbagai titik yang tersebar di Kompleks Percandian Gedong Songo, Semarang, Jawa Tengah. Aksi penanaman pohon tersebut dilakukan ratusan mahasiswa dalam program ‘Siap Sadar Lingkungan (Siap Darling) yang diinisiasi Bakti Lingkungan Djarum Foundation bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Budaya Indonesia melalui Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah.

Melalui program Siap Darling, generasi milenial diharapkan bisa menjaga dan melestarikan lingkungan lewat tindakan konkret yang menyenangkan.

“Ini investasi jangka panjang, karena mereka juga yang akan menikmati hasilnya,” kata President Director Djarum Foundation Victor Hartono, di Semarang, Jawa Tengah, Kamis (5/3).

Dengan terlaksananya Siap Darling secara berkelanjutan, maka diharapkan agar situs warisan sejarah di Indonesia bisa menjadi destinasi favorit karena terjaga kelestariannya. Begitu pula halnya candi peninggalan Hindu yang terletak di desa Candi, Kecamatan Bandungan, tepatnya di lereng Gunung Ungaran ini.

Darling Squad Hijaukan Kompleks Percandian Gedong Songo
Mahasiswa yang tergabung dalam Darling Squad saat penanaman pohon di kompleks percandian Gedong Songo, Semarang, Jawa Tengah.

“Harapan jangka panjang adalah langkah ini akan menciptakan ekosistem lingkungan yang berkelanjutan. Di samping itu, Kompleks Percandian Gedong Songo makin menawan dan nyaman bagi wisatawan, sehingga bisa menjadi salah satu obyek wisata unggulan di Semarang,” ujarnya.

Adapun jenis pohon yang ditanam pada kegiatan ini ialah Bambu Jepang, Hujan Mas, Pucuk Merah, Tabebuia Rosea, Pinus, Puspa, serta Akar Wangi pada Kawasan Candi 1. Sedangkan tanaman pada Kawasan Candi 4 adalah Pinus, Puspa, dan Akar Wangi.

Vicktor menambahkan, penghijauan di sekitar candi yang dijuga dihiasi semak berbunga agar ada spot yang Instagramable.

loading...