Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Setahun Candi Darling, 1.200 Mahasiswa Sudah Menanam 11 Ribu Pohon

Senin, 29 Juni 2020 – 06:35 WIB
Setahun Candi Darling, 1.200 Mahasiswa Sudah Menanam 11 Ribu Pohon - JPNN.COM
Mahasiswa ikut penanaman pohon di kompleks Candi Ratu dalam program Candi Darling. Foto: dok. Bakti Lingkungan Djarum Foundation

jpnn.com, JAKARTA - Program Candi Sadar Lingkungan (Candi Darling) sukses menginspirasi generasi muda untuk bergabung dalam Darling Squad dan melakukan penanaman di kawasan candi dan situs bersejarah.

Program ini sebagai aksi yang bukan hanya mengajak anak muda peduli, tetapi juga menunjukkan tindakan nyata lewat aksi menanam pohon. Tujuannya agar generasi muda terlibat sekaligus melestarikan alam.

Sejak diluncurkan pada 29 Juni 2019 oleh Gerakan Siap Sadar Lingkungan (Siap Darling), program yang digagas Bakti Lingkungan Djarum Foundation ini sudah melakukan penghijauan di tiga provinsi, yakni DIY, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. 

Kawasan candi dan tempat bersejarah tersebut ialah Candi Prambanan, Benteng Van Den Bosch, Situs Ratu Boko dan Candi Ijo, Taman Wisata Kawah Ijen, dan kompleks Candi Gedongsongo.

Dalam kurun waktu itu pula, Candi Darling berhasil menggandeng lebih dari 1.200 mahasiswa yang terdaftar di 238 kampus di Indonesia.

Merayakan satu tahun Candi Darling, Djarum Foundation menyelenggarakan Darling From Home, edukasi bagi generasi muda untuk tetap merawat dan menjaga lingkungan melalui virtual workshop dan talksho daring.

Mutiara Asmara, Communication Director Djarum Foundation menuturkan, kegiatan Darling From Home adalah salah satu inovasi dari Siap Darling di masa pandemi Covid-19 untuk mendorong generasi muda agar tetap peduli dan aktif terlibat dalam aksi nyata menjaga lingkungan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Demi menjaga keseimbangan alam ini, kami secara konsisten berupaya untuk mendorong generasi muda yang berada di rumah agar senantiasa menjaga keseimbangan alam serta memelihara lingkungan dengan caranya masing-masing, karena lingkungan yang bersih akan mendukung hidup yang bersih tentunya sesuai dengan protokol kesehatan,” ujar Mutiara Asmara, dalam keterangan tertulis, Minggu (28/6).

loading...