Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Darmin Janji Turunkan Bunga

Dilantik MA, Resmi Gantikan Miranda

Selasa, 28 Juli 2009 – 06:05 WIB
Darmin Janji Turunkan Bunga - JPNN.COM
Foto : M Ali/JAWA POS
JAKARTA - Darmin Nasution resmi menjadi orang nomor dua di Bank Indonesia (BI). Mantan Dirjen Pajak Depkeu itu dilantik ketua Mahkamah Agung sebagai deputi gubernur senior (DGS) BI menggantikan Miranda Swaray Goeltom, Senin (27/7). Seperti DGS sebelumnya, Darmin juga merangkap menjadi pejabat gubernur BI yang saat ini masih lowong.

   

Posisi gubernur BI definitif sangat mungkin baru diajukan presiden kepada parlemen periode 2009?2014. Pelantikan Darmin dihadiri anggota dewan gubernur BI, Menkeu Sri Mulyani Indrawati, Menteri BUMN Sofyan Djalil, Mendag Mari Elka Pangestu, pejabat eselon dua Ditjen Pajak, serta sejumlah bankir.

   

Setelah pelantikan, Darmin berjanji mengakomodasi permintaan banyak kalangan agar bank sentral mendorong penurunan suku bunga pinjaman. Mengenai caranya, dia akan membuka diri untuk berbicara dengan industri perbankan. "Itu perlu dipelajari, perlu dibicarakan dengan perbankan. Jadi, caranya tidak satu langkah. Namun, bisa gabungan beberapa langkah," katanya di gedung MA.

   

Secara umum, lanjut Darmin, kredibilitas otoritas moneter akan menjadi modal untuk berbicara dengan pelaku pasar. "Kredibilitas (harus) lebih tinggi sehingga kita bisa membicarakan dengan market, dengan player, dan perbankan. Misalnya, bicara tingkat bunga, kenapa masih tinggi, apa yang terjadi sebenarnya. Kita juga tidak perlu merasa paling tahu semuanya," ujar Darmin yang juga mantan ketua Bapepam-LK itu.

   

JAKARTA - Darmin Nasution resmi menjadi orang nomor dua di Bank Indonesia (BI). Mantan Dirjen Pajak Depkeu itu dilantik ketua Mahkamah Agung sebagai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA