Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Data Riset Analitika: Gerindra Teratas, PSI Lolos ke Senayan

Selasa, 30 Januari 2024 – 09:34 WIB
Data Riset Analitika: Gerindra Teratas, PSI Lolos ke Senayan - JPNN.COM
Temuan survei Data Riset Analitika menunjukkan elektabilitas Gerindra menempati peringkat paling atas hingga mencapai 20,6 persen. Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Perhatian publik terfokus pada pemilihan presiden, padahal Pemilu 2024 juga mencakup pemilihan anggota legislatif yang diikuti oleh partai-partai politik.

Banyaknya atribut caleg di penjuru kota dan desa-desa membuat publik kesulitan menentukan siapa yang akan dipilih.

Partai-partai politik yang terasosiasi dengan kandidat yang berlaga pada Pilpres paling diuntungkan dengan situasi tersebut.

Temuan survei Data Riset Analitika menunjukkan elektabilitas Gerindra menempati peringkat paling atas hingga mencapai 20,6 persen.

Gerindra adalah partai utama pengusung pasangan Prabowo-Gibran. Melejitnya elektabilitas pasangan dengan nomor urut 02 tersebut memberikan coattail effect bagi Gerindra, yang pada dua pemilu sebelumnya hanya menduduki peringkat kedua dan ketiga.

Sementara itu pada jajaran papan tengah, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) diperkirakan bakal melenggang ke Senayan.

PSI yang digawangi putera Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, itu menembus ambang batas parlemen dengan meraih elektabilitas 4,3 persen.

“Elektabilitas Gerindra teratas dalam konstelasi pemilu legislatif, dan di jajaran papan tengah PSI diprediksi lolos menuju Senayan,” ungkap Direktur Eksekutif Data Riset Analitika Nana Kardina di Jakarta.

Survei Data Riset Analitika dilakukan pada 20-25 Januari 2024, secara tatap muka kepada 1200 responden mewakili 38 provinsi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close