Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

DC Proyek Air Umbulan Dimulai

Minggu, 14 Oktober 2018 – 11:01 WIB
DC Proyek Air Umbulan Dimulai - JPNN.COM
Kawasan yang akan dibangun DC proyek air umbulan. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SIDOARJO - Proyek air bersih Umbulan dimulai. Pada tahap awal, akan dibangun distribution center (DC). Pusat pengumpul air itu berada di delapan kecamatan. Di antaranya, Kecamatan Buduran. Tepatnya, di Perumahan Kahuripan Nirwana Village (KNV). 

''Proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan sudah dirancang pemerintah tahun lalu. Tujuannya, meningkatkan volume air di lima wilayah,'' kata Pjs Dirut PDAM Delta Tirta Sidoarjo Abdul Basit Lao.

Lima wilayah tersebut adalah Kabupaten/Kota Pasuruan, Kabupaten Sidoarjo, Kota Surabaya, dan Kabupaten Gresik. Total kapasitas air yang didistribusikan mencapai 4.000 liter per detik. Sidoarjo mendapatkan jatah paling besar. Yaitu, 1.200 liter per detik. 

Nah, untuk menyerap aliran air itu, PDAM Delta Tirta harus menyediakan delapan lahan DC, yakni di Kecamatan Porong, Jabon, Tanggulangin, Candi, Sidoarjo, Buduran, Gedangan, serta Waru. Setelah lahan tersedia, DC dibangun pemerintah pusat. ''Total anggarannya Rp 185 miliar,'' kata Basit. 

Total kebutuhan untuk pembangunan mencapai Rp 1 triliun. Basit menjelaskan, saat ini anggaran yang tersedia baru sebesar Rp 75 miliar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TAGS   Pdam 
BERITA LAINNYA
X Close