Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dengan iPubers, Tebus Pupuk Subsidi Makin Mudah

Jumat, 14 Juli 2023 – 13:10 WIB
Dengan iPubers, Tebus Pupuk Subsidi Makin Mudah - JPNN.COM
Stok pupuk subsidi yang disiapkan oleh PT Pupuk Indonesia. Foto dok Pupuk Indonesia

jpnn.com, KALIMANTAN SELATAN - Pemerintah telah menetapkan Kalimantan Selatan (Kalsel), Bangka Belitung (Babel), Riau, Bali, dan Aceh menjadi pilot wilayah yang mengimplementasikan aplikasi iPubers, hasil kolaborasi Kementerian Pertanian dan PT Pupuk Indonesia (Persero).

Digitalisasi kios melalui aplikasi iPubers atau integrasi pupuk bersubsidi diharapkan bisa memudahkan proses administrasi pemilik kios.

Direktur Transformasi Bisnis Pupuk Indonesia, Panji Winanteya Ruky menjelaskan aplikasi iPubers mengubah drastis proses administrasi kios dari yang sebelumnya banyak mengisi formulir kertas pada proses penebusan, kini administrasi langsung terekam dalam aplikasi.

“iPubers kolaborasi dari Kementan dan Pupuk Indonesia, kami digitalisasi kios supaya setiap transaksi di kios tercatat dan terekam secara digital, semua yang tadinya manual yang kertas-kertas itu kami hapuskan,” kata Panji di Universitas Lambung Mangkurat, Kalsel, Kamis (13/7).

Dengan aplikasi iPubers, setiap transaksi penebusan pupuk bersubsidi di kios langsung terekam secara realtime. Aplikasi ini juga dapat meningkatkan transparansi dan ketepatan sasaran penerima pupuk bersubsidi.

“Aplikasi ini dapat memastikan peningkatan pelayanan publik, baik dari kios dan masyarakat bisa mudah melakukan penebusan dengan cukup membawa KTP saja,” tambahnya.

Direktur Pupuk dan Pestisida Kementerian Pertanian, Tommy Nugraha mengatakan aplikasi iPubers menjadi upaya Pemerintah dalam memperbaiki tata kelola kebijakan pupuk bersubsidi.

Dengan digitalisasi kita bisa memastikan ketepatan sasaran dalam proses penebusan pupuk di kios dan perbaikan pelaporan, penagihan dan ketelusuran transaksi.

Digitalisasi kios melalui aplikasi iPubers atau integrasi pupuk bersubsidi diharapkan bisa memudahkan proses administrasi pemilik kios.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close