Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Di Balik Aktivitas Sakral Menjelang Pergelaran Legendaris di Vladikavkaz, Rusia

Menjahit Kostum Opera, Membalut Luka Warga

Rabu, 25 Februari 2009 – 06:54 WIB
Di Balik Aktivitas Sakral Menjelang Pergelaran Legendaris di Vladikavkaz, Rusia - JPNN.COM
PENJAHIT memang bukan profesi istimewa. Tapi, bagi perempuan warga Kota Vladikavkaz, Republik Ossetia Utara-Alania, Rusia, menjahit adalah kehidupan. Dengan menjahit, mereka kini bisa bangkit dari keterpurukan akibat perang dan teror.

Menjelang April, kesibukan di kota berpenduduk sekitar 300.000 jiwa itu meningkat drastis. Itu terjadi karena pergelaran opera legendaris Iolanthe di Mariinsky Theater di Kota St. Petersburg segera dibuka. Mereka bukan sibuk mengantre tiket atau melatih akting, tapi menjahit pakaian para pemain opera. Saat-saat itu selalu dinantikan kaum Hawa penjahit Vladikavkaz. Sebab, sembari menjahit kostum opera, mereka bisa mengurai kenangan pilu lewat kisah yang diangkat.

''Kami memasang televisi di ruang kerja. Sambil bekerja, kami menangis,'' kata Zhanna Khetagurova yang bertugas membordir kostum opera, seperti dilansir The New York Times Senin (23/2).

Bagi perempuan 46 tahun itu dan sebagian besar penduduk kota kecil tersebut, premiere opera tersebut selalu menjadi hal yang disakralkan. Tidak seorang pun di antara mereka, terutama para perempuan penjahit, yang melewatkan pergelaran opera tersebut begitu saja.

PENJAHIT memang bukan profesi istimewa. Tapi, bagi perempuan warga Kota Vladikavkaz, Republik Ossetia Utara-Alania, Rusia, menjahit adalah kehidupan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close