Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Di HPN 2020, Presiden Jokowi Kenalkan Ibu Kota Negara Baru Ramah Lingkungan

Sabtu, 08 Februari 2020 – 12:22 WIB
Di HPN 2020, Presiden Jokowi Kenalkan Ibu Kota Negara Baru Ramah Lingkungan - JPNN.COM
Presiden Joko Widodo di rangkaian acara HPN 2020 di Kalsel. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, BANJARBARU - Pada puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2020 di Kalimantan Selatan, Presiden Joko Widodo kembali menegaskan langkah serius pemerintah menyiapkan Ibu Kota Negara baru yang ramah lingkungan.

Untuk itu pemerintah telah menyiapkan berbagai langkah dengan dukungan perencanaan yang matang.

"Yang pertama dibangun adalah nursery (lokasi pembibitan). Akan ada 17 juta bibit disiapkan. Kita akan wujudkan Ibu kota negara baru yang ramah lingkungan, smart city, semua kendaraan adalah listrik, ramah pejalan kaki, dan dekat dengan alam," kata Presiden Jokowi dalam sambutannya di acara puncak HPN, Sabtu (8/2) di Banjarbaru, Kalsel.

Pemindahan IKN, kata Presiden, bukan sekadar memindahkan kantor dan manusia, tetapi harus menunjukkan keunggulan sebagai suatu bangsa.

Peran Pers dalam hal ini menjadi sangat penting, terutama untuk menjaga situasi bangsa tetap kondusif.

"Negara butuh kehadiran pers untuk melawan kekacauan informasi, semburan fitnah dan hoaks yang mengancam Bangsa. Masyarakat yang sehat adalah masyarakat yang mendapatkan informasi yang sehat. Karena itu ekosistem media harus dijaga," pesan Presiden.

Terkait persiapan IKN, KLHK akan membangun Persemaian Modern yang rencananya akan dibangun di atas lahan seluas 120 Hektar di Kalimantan Timur.

Selain menjadi pusat pembibitan dan kebun benih, pada lokasi ini juga akan dibuat Arboretum atau taman hutan dengan koleksi tanaman endemik Indonesia. Serta akan berfungsi juga sebagai taman rekreasi dan sarana olahraga.

Presiden Jokowi sampaikan dalam HPN 2020 akan membangun IKN yang ramah lingkungan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close