Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Di Puncak FFI 2019, Nadiem Makarim Bilang Ini

Senin, 09 Desember 2019 – 14:27 WIB
Di Puncak FFI 2019, Nadiem Makarim Bilang Ini - JPNN.COM
Mendikbud Nadiem Makarim dan Mira Lesmana di malam puncak FFI 2019. Foto: humas Kemendikbud

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim menilai perfilman di Indonesia sudah menunjukan tanda-tanda positif. Semakin banyak ide yang berani dieksplorasi dan keberagaman dengan mengikuti perkembangan zaman.

"Pemerintah akan terus mendukung kemajuan film Indonesia," ujar Nadiem pada malam Anugerah Piala Citra Festival Film Indonesia (FFI) 2019 di Jakarta, Minggu (8/12) malam.

Penyelenggaraan FFI, sebagai otoritas kualitas film Indonesia terus berusaha memberikan yang terbaik. FFI tahun ini mengangkat tema “Film Bagus, Citra Indonesia”, menggambarkan sebaran nominasi yang hadir dengan kaya gagasan, profesionalisme yang mapan, dan bernilai estetik tinggi.

Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Dirjenbud Kemendikbud) Hilmar Farid, dalam sambutannya menekankan bahwa dari waktu ke waktu kualitas dan kontribusi film terhadap budaya Indonesia secara umum telah menjadi ruh dalam pembuatan film. Hal ini pula yang menjadi kunci penting penilaian. Oleh karena itu, kata dia, proses seleksi melibatkan berbagai pihak yang berkompeten guna menjamin hasil akhir yang berkualitas.

"Kementerian bangga menjadi bagian dari FFI. Sebelum berlangsungnya malam anugrah, kami mempertemukan sineas, pemerintah daerah, dan sponsor potensial untuk menggali potensi daerah melalui Komisi Film Daerah. Film Indonesia selama ini selalu menjaga atau menampilkan kekayaan yang dimiliki dan yang paling berharga yaitu keberagaman," terangnya.

Lebih lanjut ia berharap FFI bisa menjadi tolok ukur bagi kemajuan perfilman Indonesia. Sebab, FFI memiliki tanggung jawab besar untuk menampilkan film yang merepresentasikan Indonesia sesuai dengan tema yang diangkat tahun ini. "Film adalah ekosistem besar, ada banyak _platform_ baru, kita harapkan mereka bisa terlibat sehingga film Indonesia berakar pada perkembangan terbaru. Kami ucapkan selamat kepada para nomine dan semoga FFI bisa menjadi tolok ukur kemajuan perfilman Indonesia," tandasnya. (esy/jpnn)

Mendikbud Nadiem Makarim mengatakan bahwa pemerintah akan terus mendukung kemajuan perfilman di Indonesia.

Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close