Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Diabetes Tidak Bisa Disembuhkan, Kontrol dengan 5 Cara ini

Rabu, 27 Mei 2020 – 22:37 WIB
Diabetes Tidak Bisa Disembuhkan, Kontrol dengan 5 Cara ini - JPNN.COM
Diabetes. Ilustrasi. Foto Healthaim

jpnn.com - Mengontrol diabetes mungkin membutuhkan perjuangan. Namun, hasil dari upaya ini tentu akan sepadan pada kesehatan Anda. Lebih jauh lagi, risiko Anda terkena berbagai komplikasi diabetes seperti serangan jantung, stroke, gagal ginjal, bahkan kebutaan juga akan menurun.

Pada dasarnya, kunci utama cara mengontrol diabetes adalah dengan menjaga kadar gula darah dalam batas normal. Meski kedengarannya sulit, tetapi ada langkah-langkah sederhana yang bisa Anda ikuti. Apa saja?

Beragam cara mengontrol diabetes yang harus Anda ketahui

1. Rajin cek gula darah

Cara mengontrol diabetes paling pertama yang wajib Anda lakukan adalah rajin cek gula darah. Cek gula darah dilakukan sebagai upaya pemantauan jika kadar gula darah dalam tubuh Anda berada dalam batas normal. Selain itu, hal ini juga dapat membantu Anda menentukan perlu tidaknya melakukan penyesuaian pada makanan dan obat yang Anda konsumsi sehari-hari.

Rutinlah cek gula darah Anda setiap hari. Tidak perlu repot-repot pergi ke dokter untuk cek gula darah. Pasalnya Anda bisa melakukannya sendiri di rumah menggunakan glucose meter yang sudah banyak dijual di pasaran. Namun, pastikan Anda sudah paham cara menggunakan alat tersebut.

2. Konsisten terapkan pola makan sehat

Pola makan sehat memainkan peranan penting sebagai cara mengontrol diabetes. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengurangi jumlah garam dan natrium yang Anda konsumi. Hindari makanan berlemak tinggi dan makanan olahan serta kemasan. Kurangi semua jenis makanan dan minuman manis. Sesekali makan makanan manis boleh saja, asal makanlah dengan porsi yang kecil.

Diabetes adalah penyakit yang kompleks. Dokter Anda tidak mampu menanganinya sendiri tanpa bantuan Anda.

Sumber HelloSehat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close