Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dialog HPSN 2023, Dirjen PSLB3: Kaum Muda Berperan Dalam Pencapaian Target Zero Waste

Rabu, 22 Februari 2023 – 00:14 WIB
Dialog HPSN 2023, Dirjen PSLB3: Kaum Muda Berperan Dalam Pencapaian Target Zero Waste - JPNN.COM
Dirjen Pengelolaan Sampah Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3) KLHK Rosa Vivien Ratnawati ketika memberikan sambutan pada acara Dialog Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023 bertema “Peran Anak Muda Membangun Socioentrepreneurship dalam Pengelolaan Sampah” di Gedung Manggala Wanabakti, Kementerian LHK, Jakarta, Selasa (21/2/2023). Foto: Dok. KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Rosa Vivien Ratnawati menyatakan anak muda memiliki peran strategis dalam pencapaian target Zero Waste, Zero Emission.

Penegasan Dirjen Rosa Vivien ini dikemukakan ketika memberikan sambutan pada acara Dialog Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023 bertema “Peran Anak Muda Membangun Socioentrepreneurship dalam Pengelolaan Sampah” di Gedung Manggala Wanabakti, Kementerian LHK, Jakarta, Selasa (21/2/2023).

Lebih lanjut Rosa Vivien menjelaskan Indonesia saat ini memiliki 70,72 persen penduduk usia produktif, yakni dari umur 15-64 tahun.

Dengan demikian, bisa dikatakan saat ini Indonesia tengah menikmati bonus demografi, yang diharapkan membantu Indonesia mencapai masa keemasan pada 2045 mendatang.

Dari total jumlah usia produktif tersebut, 27,94 persen atau 74,93 juta orang di antaranya merupakan Generasi Z (Gen Z), yakni mereka yang lahir antara 1997 dan 2012.

Sementara 25,87 persen atau 69,38 juta orang merupakan kelompok milenial, yakni mereka yang berusia dari 24-39 tahun.

“Milenial dan Gen-Z merupakan dua generasi yang berbeda, tetapi memiliki peran yang sama dari segi ekonomi untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara maju di tahun 2045,” kata Rosa Vivien.

Dirjen PSLB3 Rosa Vivien mengungkapkan berdasarkan hasil survei yang terangkum dalam Indonesia Gen Z Report 2022, sebanyak 79 persen menyatakan perubahan iklim merupakan isu serius.

Dirjen PSLB3 KLHK Rosa Vivien Ratnawati menyatakan anak muda memiliki peran strategis dalam pencapaian target Zero Waste, Zero Emission.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close