Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Didanai Jepang, Listrik Sumsel Terangi Jawa

Senin, 27 Februari 2012 – 16:29 WIB
Didanai Jepang, Listrik Sumsel Terangi Jawa - JPNN.COM
PALEMBANG--Listrik Sumatera, khususnya dari Sumatera Selatan bakal  dikirim untuk menerangi Pulau Jawa. Pada triwulan ketiga nanti, PT PLN (Persero) mulai melelang proyek kabel transmisi bawah laut ruas Sumatera-Jawa. Proyek kabel bawah laut sepanjang 700 km dengan kapasitas tegangan 500 kV ini, senilai US$ 2 miliar. Menurut Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Kadistamben) Sumsel, Ir Roberth Heri, pemprov memang sudah mendengar adanya rencana proyek tersebut.

 

 “Tapi bukan dari kita. Itu PLN,” ujarnya. Karena itu, ia kurang tahu persis proses pembangunan transmisi bawah laut yang menghubungkan sistem kelistrikan Sumatera dan Jawa itu. Informasinya, proyek tersebut  dimulai tahun ini.

“Kabar-kabarnya, proyek ini didanai dari Jepang,” kata Roberth. Hanya, diharapkan kelistrikan Sumsel khususnya tidak terganggu dengan adanya koneksi Sumatera dan Jawa. Jangan sampai listrik yang dikirim ke Jawa akan mengganggu surplus daya yang dimiliki sistem Sumsel selama ini.

Menurut informasi Manajer Distribusi PLN wilayah S2JB, Bob Saril, proyek transmisi bawah laut itu memang didanai Japan International Cooperation Agency (JICA) dari Jepang. PLN yang menender, tapi merupakan proyek pusat. “Kabel bawah laut ini akan mengkoneksikan sistem kelistrikan Sumatera dan Jawa,” imbuhnya.

PALEMBANG--Listrik Sumatera, khususnya dari Sumatera Selatan bakal  dikirim untuk menerangi Pulau Jawa. Pada triwulan ketiga nanti, PT PLN (Persero)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA