Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Didukung Santri dan Kiai, Yenny Wahid Punya Basis di Akar Rumput

Sabtu, 26 Agustus 2023 – 20:55 WIB
Didukung Santri dan Kiai, Yenny Wahid Punya Basis di Akar Rumput - JPNN.COM
Yenny Wahid figur bacawapres alternatif di Pilpres 2024. Ilustrasi Foto: screenshot YouTube Yenny Wahid Official

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Ujang Komarudin menyebut deklarasi dan dukungan dari santri dan kiai dari Nahdlatul Ulama (NU) terhadap Zannuba Ariffah Chafsoh atau Yenny Wahid, menandakan putri Presiden keempat RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur) itu punya basis masa untuk berkontestasi pada Pilpres 2024.

"Dia (Yenny, red) memiliki basis kekuatan di akar rumput. Tentu ini modal politik yang bagus," kata Ujang Komarudin kepada awak media di Jakarta, Sabtu (26/8).

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) itu mengatakan wajar santri dan kiai dari NU mendukung Yenny bisa berkontestasi pada Pilpres 2024.

Sebab, Yenny mewakili suara kelompok-kelompok NU dan Gusdurian untuk menjadi peserta Pilpres 2024, terutama cawapres.

"Maka, tidak heran dukungan itu sangat kuat dari NU akar rumput. Bisa dikatakan yenny Wahid merupakan cawapres harapan akar rumput NU dan Gusdurian," ujar Ujang.

Pria kelahiran Jawa Barat itu mengatakan dukungan santri dan kiai dari NU menjadi modal yang bagus bagi Yenny agar untuk dipertimbangkan dipilih sebagai cawapres oleh para bakal capres.

"Jadi 2024 menurut saya, sangat logis kalau tokoh-tokoh NU kembali dipertimbangkan di sejumlah simulasi capres. Saya kira nama Yenny Wahid berada di urutan paling atas untuk pertimbangan politik koalisi capres," kata Ujang.

Sebelumnya, Yenny menerima dukungan dari berbagai kelompok untuk tampil pada Pilpres 2024, satu di antaranya datang dari Aliansi Nahdiyin-Santri Nusantara.

Pengamat politik Ujang Komarudin menilai Yenny Wahid punya basis massa di akar rumput, serta didukung santri dan kiai. Modal bagus untuk Pilpres 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close