Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Diguyur Hujan, Jokowi Tinjau Pembangunan Lumbung Pangan di NTT

Selasa, 23 Februari 2021 – 14:59 WIB
Diguyur Hujan, Jokowi Tinjau Pembangunan Lumbung Pangan di NTT - JPNN.COM
Presiden Joko Widodo meninjau pembangunan lumbung pangan baru yang berada di Kabupaten Sumba Tengah, NTT, Selasa (23/2). Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

jpnn.com, SUMBA TENGAH - Presiden Joko Widodo meninjau pembangunan lumbung pangan baru yang berada di Kabupaten Sumba Tengah, NTT, Selasa (23/2).

Di bawah guyuran hujan deras, pria yang akrab disapa Jokowi itu melihat lumbung pangan yang mencakup lahan seluas lima ribu hektare.

Area lumbung pangan itu sendiri dibagi menjadi dua, tiga ribu hektare untuk padi, dan sisanya untuk jagung.

Mulai tahun ini, pemerintah menargetkan pengembangan lebih lanjut dari lumbung pangan tersebut yang nantinya akan mencakup luas lahan keseluruhan mencapai sepuluh ribu hektare.

"Hari ini saya melakukan kunjungan kerja untuk melihat lumbung pangan yang ada di Kabupaten Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur," ujar Jokowi selepas peninjauan.

Di tengah guyuran hujan lebat, Jokowi meninjau area persawahan yang ada di lokasi yang persisnya terletak di Desa Makata Keri, Kecamatan Katiku Tana.

Lumbung pangan yang tengah dikembangkan di Kabupaten Sumba Tengah ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan indeks pertanaman di wilayah tadah hujan setempat atau di lahan kering yang difasilitasi dengan sumur bor, embung, dan mata air serta sekaligus ikut menyejahterakan masyarakat Nusa Tenggara Timur.

"Panen yang ada di Sumba Tengah ini setahun masih sekali, yaitu padi. Kami ingin mengelola agar satu tahun bisa dua kali panen padi dan sekali panen jagung atau kedelai," kata Jokowi.