Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dikendalikan Kaum Difabel, Robot Jadi Pelayan Kafe

Rabu, 28 November 2018 – 22:45 WIB
Dikendalikan Kaum Difabel, Robot Jadi Pelayan Kafe - JPNN.COM
Robot pelayan dikendalikan kaum difabel di kafe Dawn Ver., Jepang. Foto: Ory Lab Inc

jpnn.com, TOKYO - Jika biasanya pengunjung kafe sibuk berswafoto atau memotret pernik-pernik unik di tempat itu, tidak demikian mereka yang mampir ke Dawn ver.. Kafe yang terletak di kawasan Mintao, Tokyo, Jepang, tersebut sukses membuat para tamu sibuk memotret pelayan-pelayannya.

Pramusaji di kafe tersebut memang menarik. Bukan perempuan cantik atau pemuda tampan, melainkan robot. Ya. Para pelayan di kafe tersebut robot. Jumlahnya lima.

Tinggi mereka 1,2 meter dengan bobot tubuh mencapai 20 kilogram. Robot-robot yang terampil melayani para pengunjung kafe itu bernama OriHime-D.

Namanya juga robot. Lima pelayan kafe tersebut jelas tidak risi dijadikan objek foto para pengunjung. Robot-robot itu tetap sibuk melayani para tamu. Istimewanya, robot-robot tersebut dikendalikan dari jarak jauh oleh kaum difabel.

Di antaranya, penderita amyotrophic lateral sclerosis (ALS) seperti mendiang Stephen Hawking dan beberapa penyandang penyakit saraf lainnya.

"Robot ini memungkinkan pekerjaan fisik dan partisipasi sosial," ujar CEO Ory Lab Inc Kentaro Yoshifuji seperti dilansir Japan Times kemarin, Selasa (27/11).

Kafe yang menjadi pilot project tempat makan dan nongkrong tanpa pelayan manusia itu hanya akan buka sementara. Tepatnya mulai Senin (26/11) sampai 7 Desember mendatang.

Ory Lab Inc adalah perusahaan yang mengembangkan robot-robot pelayan tersebut. Perusahaan itu juga merupakan satu di antara tiga lembaga yang mengorganisasi berdirinya kafe Dawn ver. tersebut.

Pramusaji di kafe tersebut memang menarik. Bukan perempuan cantik atau pemuda tampan, melainkan robot. Ya. Para pelayan di kafe tersebut robot.

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close