Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Diperiksa Paksa Kompol Rossa, Staf Hasto Mengadu ke Komnas HAM

Rabu, 12 Juni 2024 – 18:42 WIB
Diperiksa Paksa Kompol Rossa, Staf Hasto Mengadu ke Komnas HAM - JPNN.COM
Staf Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, Kusnadi (dua dari kiri) didampingi Petrus Selestinus di kantor Komnas HAM di Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (12/6). Aristo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Staf Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, Kusnadi resmi membuat aduan ke Komnas HAM di Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (12/6) terhadap dugaan pelanggaran perampasan kemerdekaan yang dilakukan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Kompol Rossa Purbo Bekti.

Pengacara Kusnadi, Petrus Selestinus menyebut ulah Kompol Rossa terhadap kliennya pada Senin (10/6) kemarin masuk pelanggaran terhadap hak asasi manusia (HAM). 

Sebab, kata Petrus, Kompol Rossa memeriksa paksa Kusnadi dan menyita barang-barang milik staf Hasto itu.

"Ini merupakan pelanggaran hukum dan pelanggaran HAM sehingga dilaporkan ke Komnas HAM,” kata pria berkacamata itu kepada wartawan setelah mendampingi Kusnadi membuat aduan ke Komnas HAM RI, Menteng, Jakarta, pada Rabu (12/6). 

Petrus berharap Komnas HAM segera menindaklanjuti aduan yang dibuat dengan memanggil saksi terkait.

“Kami meminta Komnas HAM segera mendengarkan beberapa saksi yang akan kami sampaikan kepada Komnas HAM untuk didengar, terutama teman-teman dari tim hukum Pak Hasto yang kemarin juga hadir di KPK,” kata alumnus Fakultas Hukum Universitas Jayabaya itu.

Petrus juga meminta Komnas HAM bila diperlukan memanggil Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo terhadap tindakan Kompol Rossa yang ditugaskan di KPK.

"Sebab, penyidik ini adalah anggota Polri, maka dalam penyelidikan Komnas HAM, kami meminta Komnas HAM juga memanggil Kapolri untuk didengar penjelasannya mengapa praktik-praktik penyidikan di KPK sekarang ini sangat merosot," kata dia.

Staf Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, Kusnadi resmi membuat aduan ke Komnas HAM di Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (12/6). Soal apa?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close