Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dirjen Nunuk: 12 Ribu Lebih Guru Penggerak Sudah jadi Kepala Sekolah

Jumat, 09 Agustus 2024 – 13:35 WIB
Dirjen Nunuk: 12 Ribu Lebih Guru Penggerak Sudah jadi Kepala Sekolah - JPNN.COM
Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kemendikbudristek Nunuk Suryani (kiri) saat berbincang dengan seorang guru penggerak di Pekanbaru, Riau, Kamis (8/8/2024). ANTARA/Khaerul Izan

jpnn.com - PEKANBARU - Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nunuk Suryani mengatakan 12 ribu lebih guru peserta program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Kemendikbudristek hingga saat ini telah menjadi kepala sekolah.

Dirjen Nunuk berharap ke depan jumlah itu akan terus bertambah. "Secara nasional hingga bulan Agustus terdapat 92.887 guru penggerak yang lulus pendidikan," kata Dirjen Nunuk di Pekanbaru, Riau, Jumat (9/8).

Dia menjelaskan bahwa program PGP bertujuan memberikan ruang kepada para guru agar lebih kreatif dan inovatif dalam hal pembelajaran.

Nunuk mengatakan bahwa program PGP yang sudah berjalan dari 2020 telah mencetak 12.400 guru menjadi kepala sekolah dan diharapkan ke depan akan terus bertambah.

Menurut Nunuk, Kemendikbudristek menargetkan pada 2024 ini, program PGP bisa mencetak kepala sekolah hingga 20.939, dan 5.000 guru sebagai pengawas sekolah.

"Pada 2025, kami laksanakan program PGP angkatan 12 dengan sasaran 30 ribu guru yang telah terseleksi pada 2024 dan pelaksanaan PGP angkatan 13 serta 14 dengan jumlah proyeksi sebanyak 39 ribu guru," ujarnya.

Dia menambahkan bahwa telah mengevaluasi program tersebut bekerja sama dengan Bank Dunia.

Hasilnya, para guru lulusan program PGP menunjukkan penerapan positif disiplin dalam pembelajaran.

Dirjen Nunuk menegaskan 12 ribu lebih guru peserta program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Kemendikbudristek hingga saat ini telah menjadi kepala sekolah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA