Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Diskon Tarif Tol saat Mudik Sebesar 10 Persen

Minggu, 03 Juni 2018 – 00:31 WIB
Diskon Tarif Tol saat Mudik Sebesar 10 Persen - JPNN.COM
Kemacetan di Tol Cipali. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Diskon tarif jalan tol pada masa mudik lebaran ditetapkan sebesar 10 persen. Untuk arus balik, diskon lebih besar di beberapa ruas tol. Sementara waktu penerapan bervariasi.

Kesepakatan mengenai pemotongan tarif jalan tol pada masa mudik lebaran itu dicapai oleh Badan-Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), Jumat (31/5).

Beberapa BUJT yang telah sepakat untuk menerapkan diskon tarif adalah PT. Jasa Marga, PT. Hutama Karya, PT Nusantara Infrastructure, PT Jakarta Lingkar Barat Satu, PT Waskita Toll Road, PT Citra Marga Nusaphala Persada, PT Margabumi Matraraya, dan PT Astra Tol Nusantara.

Variasi penarapan diskon tarif dibagi menjadi tiga kelompok. Pertama diskon 10 persen diterapkan selama 4 hari, yakni pada masa arus mudik 13 hingga 14 Juni, lalu pada masa arus balik yakni 18 dan 19 Juni.

Model ini akan diterapkan di ruas-ruas yang dikelola oleh PT Jasa Marga, PT. Hutama Karya, PT Nusantara Infrastructure, PT Jakarta Lingkar Barat Satu, PT Waskita Toll Road, PT Citra Marga Nusaphala Persada, serta PT Margabumi Matraraya.

Sementara PT Astra Tol Nusantara menerapkan diskon 40 persen untuk 3 hari. Yakni 15 hingga 17 Juni 2018. Yang ketiga adalah PT Waskita Toll Road yang menerapkan diskon tertinggi dan terlama, yakni 28 persen, berlaku selama 21 hari, mulai tanggal 8 hingga 23 juni. Diskon ini hanya berlaku di Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu).

Mewakili BUJT, Sekjend Asosiasi Tol Indonesia (ATI) Sunarto Sastrowiyoto mengatakan bahwa kebijakan ini adalah inisiatif BUJT untuk berpartisipasi mensukseskan mudik lebaran. “Diskon ini dimaksudkan untuk distribusi traffic. Karena biasanya ada titik-titik puncak kemacetan,” kata Direktur PT Marga Mandalasakti (PT MMS), seperti diberitakan Jawa Pos.

Direktur Operasi I PT Jasa Marga Muhammad Sofyan mengatakan bahwa jika dicermati, dari 3 macam mekanisme diskon tersebut, BUJT menghindari penerapan diskon saat hari-hair puncak. Tujuannya adalah agar jumlah kendaraan dapat terdistribusi dengan baik. “Kita tahu kalau kapasitas jalan kami terbatas, rest area juga terbatas,” kata Sofyan.

Diskon tariff tol untuk masa mudik lebaran sudah ditetapkan oleh BUJT sebesar 10 persen, sedang untuk arus balik diskon lebih besar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close