Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Wapres Ma'ruf Amin Resmikan Ruas Tol Cimanggis-Cibitung, Sebegini Tarifnya

Selasa, 09 Juli 2024 – 22:03 WIB
Wapres Ma'ruf Amin Resmikan Ruas Tol Cimanggis-Cibitung, Sebegini Tarifnya - JPNN.COM
Peresmian Ruas Tol Cimanggis-Cibitung di Jembatan Sungai Cileungsi KM 57+400 Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Kecamatan Cileungsi, Bogor Jawa Barat, pada Selasa (9/7). Foto dok PT Cimanggis Cibitung Tollways

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Presiden Prof Ma'ruf Amin meresmikan Ruas Tol Cimanggis-Cibitung di Jembatan Sungai Cileungsi KM 57+400 Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor Jawa Barat, pada Selasa (9/7).

Berdasarkan SK Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 1626/KPTS/M/2024, Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2B Segmen Simpang Susun Cikeas sampai dengan Junction Cibitung sepanjang 19,65 KM telah memenuhi persyaratan laik fungsi secara teknis, administratif, dan sistem operasi tol sehingga dapat dioperasikan.

Proyek Strategis Nasional Jalan Tol Cimanggis-Cibitung sepanjang 26,18 KM merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2, yang dikelola oleh PT Cimanggis Cibitung Tollways selaku pemegang hak konsesi jalan tol dengan biaya investasi sebesar Rp10,6 Triliun.

"Jalan Tol Cimanggis-Cibitung saat ini telah beroperasi sebagian sepanjang 6,53 Km, dimulai dari Seksi 1A Segmen Cimanggis Junction - On/Off Ramp Jatikarya hingga Seksi 2A Segmen On/Off Ramp Jatikarya – Simpang Susun Cikeas," ujar Direktur Utama PT Cimanggis Cibitung Tollways, Indar Barung.

Adapun pelaksanaan pembangunan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung dimulai sejak 2016 dan melintasi empat wilayah yaitu Kota Depok, Kota Bekasi, Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Bekasi.

"Dengan telah selesainya pembangunan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2B Segmen Simpang Susun Cikeas sampai dengan Junction Cibitung sepanjang 19,65 Km, jaringan Jalan Tol JORR 2 sepenuhnya telah terhubung dan diharapkan menjadi akses penghubung dari wilayah Cibubur ke Jalan Tol Jagorawi sekaligus meningkatkan kelancaran mobilitas, pergerakan komuter dan logistik menuju kawasan industri Cikarang, Cibitung, dan Cilincing," kata Indar.

Setelah Jalan Tol Cimanggis-Cibitung beroperasi penuh, jaringan Jalan Tol JORR 2, telah utuh tersambung sepanjang 111 km, mulai dari Cengkareng–Kunciran–Serpong–Cinere–Jagorawi–Cimanggis–Cibitung hingga Cilincing.

"Jalan tol ini akan meningkatkan kelancaran pergerakan baik komuter maupun logistik kawasan-kawasan industri besar di Jabodetabek, di antaranya kawasan industri Sentul, Cikarang, Cibitung, dan Cilincing," tuturnya.

Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2B Segmen Simpang Susun Cikeas sampai dengan Junction Cibitung dijadwalkan beroperasi tanpa tarif pada Rabu (10/7).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close