Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Divonis Empat Tahun, Koruptor yang Rugikan Negara Rp477 Miliar Ajukan PK

Selasa, 12 Januari 2021 – 18:47 WIB
Divonis Empat Tahun, Koruptor yang Rugikan Negara Rp477 Miliar Ajukan PK - JPNN.COM
Ilustrasi - Tindak pidana korupsi (ANTARA/HO/20)

jpnn.com, JAKARTA - Koruptor Kokos Jiang alias Kokos Leo Lim tak terima divonis bersalah dan dihukum empat tahun penjara karena merugikan negara sebesar Rp477 miliar.

Dia pun mengajukan peninjauan kembali (PK) terhadap putusan empat tahun penjara itu.

"Kalau tidak salah dua bulan yang lalu (Kokos) mengajukan PK di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan," ujar Asisten Intelijen Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta Siswanto ketika dikonfirmasi, Selasa (12/1).

Siswanto menuturkan, pihaknya telah menerjunkan para ahli untuk bertanding di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan guna melawan PK yang diajukan oleh Kokos bersama tim hukumnya.

"Intinya kami maksimal, ahli sudah dihadirkan dalam sidang itu, untuk menguatkan bahwa perbuatan itu merupakan tindak pidana korupsi yang merugikan negara," tegas Siswanto.

Kokos yang merupakan Dirut PT Tansri Madjid Energi (PT TME) mengatur siasat agar proyek pengadaan Batubara di PLN Muaraenim.

Kokos mengatur sedemikian rupa agar operasi pengusahaan penambangan batubara agar jatuh kepadanya. Kokos melakukan serangkaian perbuatan yaitu tidak melakukan desk study dan kajian teknis, melakukan pengikatan kerja sama jual-beli batu bara yang masih berupa cadangan serta membuat kerja sama tidak sesuai spesifikasi batu bara yang ditawarkan.

Akibat tindak pidana korupsi itu, uang negara mengucur ke rekening Kokos sebesar Rp 477 miliar. Belakangan batubara yang dijanjikan tidak sesuai hingga menyebabkan negara merugi.

Koruptor Kokos Jiang alias Kokos Leo Lim mengajukan PK terhadap putusan 4 tahun penjara karena merugikan negara Rp477 miliar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close