Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Don Quixote

Minggu, 15 Agustus 2021 – 14:51 WIB
Don Quixote - JPNN.COM
Orson Welles yang membintangi film Don Quixote dari adaptasi novel karya Miguel de Cervantes. Foto: Picture Alliance/Mary Evans Picture Library

jpnn.com - Don Quixote adalah orang kampung katrok yang terobsesi menjadi kesatria penakluk dunia. Dia lalu membangun dunianya sendiri. Membangun mimpinya sendiri.

Dia melakukan pengembaraan untuk menaklukkan dunia. Membayangkan musuh-musuh besar ada di depannya dan harus dihancurkan karena menghalang-halangi cita-cita luhurnya.

Dalam petualangan itu, Don Quixote terlibat peperangan dengan banyak musuh yang diciptakannya sendiri. Salah satu musuh terbesarnya adalah rakasasa besar berkekuatan hebat dan punya daya hancur mengerikan. Satunya adalah Kesatria Bulan yang kuat, besar, dan cerdik.

Baca Juga:

Cerita ini diciptakan oleh pujangga Spanyol Miguel de Cervantes pada 1605. Kisahnya mengenai Alonso Quinjano, seorang petani bertubuh kurus tinggi, agak bodoh, tetapi punya khayalan tingkat dewa.

Dia sering membaca dan mendengar cerita-cerita tentang kepahlawanan. Dia kemudian terobsesi dengan tokoh-tokoh pahlawan, dan membayangkan bahwa dirinya pahlawan yang dinanti-nantikan oleh dunia.

Alonso kemudian memutuskan untuk meninggalkan pekerjaan bertani dan kabur dari rumah demi mengejar obsesinya menjadi pahlawan. Dia melengkapi diri dengan semua atribut kesatria besar, seekor kuda, zirah, tombak, dan seorang abdi dalem pengawal.

Baca Juga:

Kuda itu diberi nama Rosinante, dibayangkan sebagai kuda yang hebat padahal hanya seekor keledai kecil kurus dan sering kelaparan. Zirah yang dipakai Alonso pun bukan baju perang dari besi yang menutup kepala sampai kaki, tetapi besi rombeng dan rongsokan. Tombak sakti yang dibawanya adalah kayu tumpul yang keropos.

Dia lalu menahbiskan dirinya sendiri menjadi kesatria dan mengubah namanya menjadi Don Quixote de La Mancha atau Don Quixote dari La Mancha, sebuah kampung tempat dia berasal. Dia mengubah dirinya menjadi satria piningit pembebas dunia dari angkara.

Don Quixte naik keledai kurus membayangkan dirinya sebagai Kesatria Hebat menaiki kuda perang yang gagah. Dia melihat mural bergambar dirinya. Matanya tertutup dan tertulis ’404: Not Found'.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close