Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Doni Monardo Menahan Haru

Pidato Ilmiah Penganugerahan Gelar Honoris Causa

Sabtu, 27 Maret 2021 – 21:16 WIB
Doni Monardo Menahan Haru - JPNN.COM
Letjen TNI Doni Monardo menahan haru saat menyampaikan pidato ilmiah pada penganugerahan gelar Doktor Kehormatan (Doktor Honoris Causa) dari Institut Pertanian Bogor (IPB) University di Gedung Graha Widya Wisuda IPB University, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (27/3/2021). (ANTARA/Andi Firdaus).

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo resmi menyandang gelar doktor kehormatan atau honoris causa dari Institut Pertanian Bogor (IPB) University, Sabtu (27/2).

Doni Monardo menahan haru saat menyampaikan pidato ilmiah berjudul "Model Tata Kelola Sumber Daya Alam dan Lingkungan" yang dibacakan di Gedung Graha Widya Wisuda IPB University, serta disiarkan secara langsung melalui YouTube TV IPB, Sabtu.

"Saya akan mempertanggungjawabkan penghargaan dan kepercayaan yang diberikan oleh IPB ini. Gelar doktor kehormatan ini menjadi energi baru bagi saya terus konsisten membantu menyelamatkan lingkungan dan sumber daya alam Indonesia," ucap Doni seraya tertunduk menahan rasa haru.

Doni dalam pidato ilmiah itu menceritakan perjalanan kariernya sebagai seorang prajurit TNI yang senantiasa memberikan kontribusi pengembangan dan pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan.

Kontribusi tersebut dilakukan Doni dalam berbagai penugasan, mulai saat bertugas di Aceh, Danrem 061/Surya Kencana Bogor, Danjen Kopassus, Pangdam XVI/Pattimura, Pangdam III/Siliwangi, sekretaris jenderal Dewan Ketahanan Nasional (Sesjen Wantannas) hingga kini kepala BNPB.

Pengalaman Doni Monardo selama berlatih di hutan serta penugasan operasi militer, mendorong kecintaanya terhadap berbagai jenis pohon.

Hal itu dibuktikan dengan kegiatan menanam pohon di Brigade Infantri Para Raider III/Tri Budi Sakti, Kariango Sulawesi Selatan, hingga meluas ke berbagai daerah di Indonesia.

Doni mengembangkan kebun bibit di Rancamaya, Bogor, Jawa Barat dengan menanam 100 ribu bibit tanaman trembesi hingga berlanjut ke Jakarta, Cianjur, dan Sukabumi, Jawa Barat, serta Kota Kudus, Jawa Tengah.

Doni Monardo dalam pidato ilmiah itu menceritakan perjalanan kariernya sebagai seorang prajurit TNI yang senantiasa memberikan kontribusi pengembangan dan pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close