Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dorong Ekspor, Bea Cukai Asistensi Kepada Calon Eksportir di Daerah

Jumat, 12 Maret 2021 – 23:15 WIB
Dorong Ekspor, Bea Cukai Asistensi Kepada Calon Eksportir di Daerah - JPNN.COM
Bea Cukai melakukan asistensi secara masif terhadap calon-calon eksportir di berbagai daerah. Ilustrasi. Foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Dalam upaya terus menggerakkan industri dalam negeri, Bea Cukai kembali memberikan pendalaman potensi ekspor yang dimiliki berbagai daerah di Indonesia. Bea Cukai juga melakukan asistensi secara masif terhadap calon-calon eksportir di berbagai daerah.

Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga R Syarif Hidayat, mengatakan upaya pendalaman potensi ini sama halnya dengan upaya lainnya yang dilakukan Bea Cukai dalam mendongkrak perekonomian Indonesia.

“Upaya kali ini merupakan satu dari sekian banyak langkah Bea Cukai agar ekspor di Indonesia terus bertambah. Kami akan terus berikan pelayanan yang prima untuk para calon eksportir ini,” ujar Syarif dalam keterangan pers Humas Bea Cukai, Jumat (12/3).

Bea Cukai kali ini melakukan pendalaman potensi ekspor di bidang Perikanan di berbagai daerah. Di antaranya dilakukan Bea Cukai Tanjung Emas yang memberikan asistensi kepada PT Mitra Bahari Mulia Utama Semarang dengan berfokus pada fasilitas Kemudahan Impor untuk Tujuan Ekspor (KITE).

PT Mitra Bahari Mulia Utama diberikan fasilitas KITE agar mendapatkan manfaat berupa pembebasan bea masuk, yang dapat menekan cashflow perusahaan sehingga nantinya mendorong peningkatan daya saing perusahaan, investasi, dan ekspor nasional.

Selain itu, Bea Cukai Gorontalo melakukan asisten pada Unit Pengolahan Ikan Kirana di Gorontalo. Bea Cukai Gorontalo menjadi wadah dari keluh kesah pelaku usaha selama pandemi ini yang mengatakan bahwa terjadi penurunan pada ekspor mereka.

Bea Cukai Gorontalo kemudian memberikan motivasi serta asistensi berupa peluang yang akan didapat apabila pengelola dapat terus melakukan ekspor. Diharapkan Unit Pengolahan Ikan Kirana akan tetap melakukan ekspor ikan ke negara tetangga.

Kemudian, setelah sebelumnya Bea Cukai melakukan ekspor direct call ke Singapura berupa 4,19 tonase ikan tuna, kali ini Bea Cukai Bitung melakukan Customs Visits Customer (CVC) berupa bimbingan dan asistensi ekspor kepada UD Tomini Bay Seafood.

Dalam upaya terus menggerakkan industri dalam negeri, Bea Cukai melakukan asistensi secara masif terhadap calon-calon eksportir di berbagai daerah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close