Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dorong Palangka Raya jadi Pusat Pemerintahan Indonesia

Jumat, 07 Desember 2012 – 20:21 WIB
Dorong Palangka Raya jadi Pusat Pemerintahan Indonesia - JPNN.COM
PALANGKA RAYA - Pemindahan pusat pemerintahan dari Jakarta ke Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah kembali mewacana. Dalam acara Press Gathering Pimpinan dan Anggota MPR dengan Koordinatoriat Wartawan Parlemen, Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Tengah (Kalteng), Achmad Diran kembali mengangkat gagasan yang pernah dicetuskan oleh Soekarno, presiden RI yang pertama.

Achmad menceritakan ide pemindahan ibu kota diungkapkan Soekarno kala meresmikan Palangka Raya sebagai ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah tahun 1957.

"Presiden Soekarno meresmikan Kota Palangka Raya yang masih hutan sebagai ibu kota provinsi.  Beliau mengatakan bilamana Jakarta sudah begitu sesak, maka Palangka Raya sebagai alternatif ibu kota pemerintahan. Ibu kota negara tetap di Jakarta," kata Achmad saat membawakan sambutan di acara Press Gathering di Palangka Raya, Jumat (7/12).

Turut pula dalam acara ini, Ahmad Farhan Hamid dan Hajriyanto Y. Thohari selaku wakil ketua MPR, Laksda TNI (Purn) Adiyaman Amir Saputra, (Wakil Ketua Fraksi Demokrat), Hardi Soesilo (Sekretaris Fraksi Golkar), TB Soemandjaja (Ketua Fraksi PKS).

PALANGKA RAYA - Pemindahan pusat pemerintahan dari Jakarta ke Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah kembali mewacana. Dalam acara Press Gathering

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA