Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dorong Subang jadi Lumbung Pangan, Kementan Gelontorkan Bantuan Rp 43,63 Miliar

Rabu, 27 Maret 2019 – 22:17 WIB
Dorong Subang jadi Lumbung Pangan, Kementan Gelontorkan Bantuan Rp 43,63 Miliar - JPNN.COM
Mentan Andi Amran Sulaiman saat menghadiri acara Apresiasi dan Sinkronisasi Program Kementerian Pertanian di Alun Alun Kabupaten Subang, Rabu (27/3). Foto: Humas Kementan

jpnn.com, SUBANG - Kementerian Pertanian (Kementan) terus mendorong agar Subang, Jawa Barat, bisa menjadi salah satu kawasan pendukung Indonesia sebagai lumbung pangan dunia pada 2045.

Mendukung hal itu, Kementan menyalurkan bantuan berupa komoditas pangan hortikultura, benih, bibit hingga alat teknologi untuk mempercepat dan meningkatkan produksi pertanian.

Mentan Andi Amran Sulaiman mengatakan, bantuan ini nilainya mencapai kurang lebih Rp 43,63 miliar. Pemberian bantuan ini fokus untuk meningkatkan kesejahteraan, taraf hidup, dan kemandirian petani dalam memenuhi kecukupan pangan.

"Bagi kami, kesejahteraan petani adalah kebahagian kita semua,” ujar Amran Sulaiman saat menghadiri acara Apresiasi dan Sinkronisasi Program Kementerian Pertanian di Alun Alun Kabupaten Subang, Rabu (27/3).

Adapun bantuan yang diberikan antara lain 150 ekor domba yang diterima Kelompok Tani Ternak Gadog dan Kelompok Tani Harapan Jaya. Lalu ada juga 8.500 ekor ayam yang diterima Pondok Pesantren Assalam Post, Sabilussalam, dan Az Zahra.

Pria kelahiran Bone itu mengatakan, bantuan yang diberikan juga sekaligus upaya pemerintah dalam mendorong generasi milenial agar mau turun langsung ke sektor pertanian.

"Bantuan ini juga diharapkan mampu meningkatkan indeks penanaman dan efektif dalam menekan seluruh biaya operasional dan risiko kerugian jika dibandingkan dengan alat tradisonal,” ujar Amran.

Ke depannya, dengan bantuan ini, para petani dan peternak diharapkan terus membangun Subang sebagai wilayah yang mendukung Indonesia menuju lumbung pangan dunia. "Saya juga mengapresiasi wilayah Subang mampu mewujudkan lumbung padi yang menjadi penopang kebutuhan nasional," kata dia.

Kementerian Pertanian (Kementan) terus mendorong agar Subang, Jawa Barat, bisa menjadi salah satu kawasan pendukung Indonesia sebagai lumbung pangan dunia pada 2045.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close