Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

DPD RI Bertemu Gubernur Lemhanas Bicara Penguatan Sistem Politik Nasional

Selasa, 23 Maret 2021 – 23:58 WIB
DPD RI Bertemu Gubernur Lemhanas Bicara Penguatan Sistem Politik Nasional - JPNN.COM
Wakil Ketua DPD RI Sultan B Najamudin (kiri) bersama Gubernur Lemhanas Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo (tengah) dan anggota DPD RI Dapil Sumatera Barat Alirman Sori di Kantor Lemhanas, Jakarta, Selasa (23/3). Foto: Humas DPD RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua DPD RI Sultan B Najamudin melakukan kunjungan ke Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) pada Selasa (23/3/2021).

Dalam kesempatan itu, Sultan mengadakan pertemuan dengan Gubernur Lemhanas Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo untuk membahas dinamika kenegaraan.

"Kami lembaga DPD RI merasa penting untuk melakukan kunjungan dan bertukar pikiran ke Lemhanas. Banyak sekali isu aktual dalam kehidupan kenegaraan yang mesti mendapatkan referensi akademis dari banyak pihak,” ujar Senator muda asal Bengkulu tersebut.

Sultan yang didampingi anggota DPD RI Dapil Sumatera Barat Alirman Sori memaparkan beberapa poin yang menjadi fokus isu saat diskusi dengan Gubernur Lemhanas. Salah satunya yakni mengenai posisi lembaga DPD RI dalam sistem politik Indonesia.

Menurut Sultan, pembentukan DPD RI memiliki semangat ideologis untuk mengimbangi dominasi parpol dalam lembaga perwakilan yang bertujuan menguatkan demokrasi Indonesia. DPD RI merupakan lembaga yang mewakili kepentingan daerah dan menjaga keseimbangan antara daerah satu dengan daerah lainnya, serta daerah dengan pusat.

“Jadi, penting untuk meninjau dari berbagai macam aspek serta objektifitas sudut pandang yang kemudian dapat menjadi bahan rujukan yang akan didorong ke dalam ruang konstitusional nantinya,” ujar Sultan.

Dalam kesempatan ini, Gubernur Lemhanas Agus Widjojo mengapresiasi kehadiran dari DPD RI ke lembaga yang dipimpinnya.

Dia menuturkan perspektif kebangsaan harus dibangun oleh semua pihak, khususnya lembaga-lembaga politik yang dijamin oleh Undang-Undang kita.

Wakil Ketua DPD RI Sultan B Najamudin mengadakan pertemuan dengan Gubernur Lemhanas Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo untuk membahas dinamika kenegaraan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close