Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

DPD RI: Pemotongan Anggaran Jangan Abaikan Alokasi Daerah

Sabtu, 13 Agustus 2016 – 02:33 WIB
DPD RI: Pemotongan Anggaran Jangan Abaikan Alokasi Daerah - JPNN.COM
Wakil Ketua DPD RI Farouk Muhammad. FOTO: Humas DPD RI

jpnn.com - JAKARTA - Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) dapat memahami langkah Pemerintah melakukan penyesuaian dan pemotongan anggaran dalam Anggaran Penerimaan Belanja Negara Perubahan (APBNP) 2016. Karena tidak ada jalan alternatif yang mungkin bisa dilakukan menghadapi kondisi ekonomi bangsa di tengah-tengah pergulatan hadapi ekonomi global.

Wakil Ketua DPD RI Farouk Muhammad memandang pemotongan APBN tidak bisa terhindarkan karena kinerja ekonomi global yang melambat. Disisi lain, dirinya tetap meminta agar Pemerintah tetap selektif dalam melakukan penyesuaian terhadap alokasi anggaran APBD dari Pemerintah Pusat.

"Pemerintah harus hati-hati melakukan pemotongan dana transfer daerah, karena akan mempengaruhi kinerja pembangunan di daerah,” ucapnya di Jakarta, Jumat (12/8).

DPD memberi penekanan kepada Pemerintah melalui Menteri Keuangan Sri Mulyani agar pemotongan dana transfer tidak ditujukan terhadap dana transfer termasuk dana desa, mengingat sebagian besar daerah selain membutuhkan Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Bagi Hasil (DBH), begitupun ada sebagian besar Dana Alokasi Khusus (DAK) yang digunakan untuk proyek-proyek yang sudah dikontrakan.

"Penyerapan anggaran di sebagian pemerintah daerah sedang berjalan berasal dari dana transfer daerah (DAU, DAK dan DBH). Pengetatan diperlukan harus selektif dan berhati-hati, "jelasnya.

Pemerintah menjamin tidak akan merubah anggaran yang menyangkut DAU,DAK dan DBH. Pemerintah akan melakukan penyesuaian DAU hanya untuk daerah-daerah tertentu saja, dalam bentuk penundaan penyaluran tanpa menimbulkan gangguan atas Anggaran Penerimaan Belanja Daerah (APBD) Pemda yang bersangkutan.

Penyesuaian DBH hanya semata-mata sebagai konsekuensi penerimaan dari penghasilan komoditas yang bersangkutam. Proyek-proyek besar diusahakan melalui skim tahun jamak yang menyangkut proyek yang sudah dikontrakan.

Sebagai informasi, pada hari Rabu, 9 Agustus 2016 Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati menyambangi pimpinan DPD RI di Komplek Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta.

JAKARTA - Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) dapat memahami langkah Pemerintah melakukan penyesuaian dan pemotongan anggaran dalam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close