Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

DPR Dorong Program Swasembada Susu

Selasa, 29 Mei 2012 – 02:55 WIB
DPR Dorong Program Swasembada Susu - JPNN.COM
BANDUNG - Wakil Ketua Komisi IV DPR bidang pertanian Herman Khaeron mewacanakan adanya program khusus untuk memenuhi kebutuhan susu dalam negeri. Menurutnya, Indonesia sudah saatnya harus mandiri dan tidak terlalu berngantung pada impor susu.

"Ke depan kita harus pikirkan karena ini akan berdampak yang luar biasa terhadap pendapatan peternak. Tentunya kita harus menggulirkan program khusus," kata Herman di sela-sela kunjungan kerjanya bersama dengan anggota Komisi IV DPR di Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (28/5).

Kebutuhan susu dalam negeri saat ini mencapai 3,5 juta liter per tahun. Sementara peternak sapi perah baru bisa mencukupi satu juta liter. Untuk memenuhi kekurangan 2,5 juta liter, Indonesia mengimpor susu dari Amerika Serikat, Australia dan Selandia Baru.

Herman menjelaskan setidaknya ada dua masalah yang dihadapi peternak sapi perah. Pertama kata dia adalah tidak ada regenerasi sapi perah yang produktif. Ia menjelaskan, sapi yang ada di Pangalengan saat ini ada 22 ribu, namun yang menghasilkan susu secara maksimal hanya 11 ribu ekor.

BANDUNG - Wakil Ketua Komisi IV DPR bidang pertanian Herman Khaeron mewacanakan adanya program khusus untuk memenuhi kebutuhan susu dalam negeri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close