Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

DPR Tolak Ide dari Pemerintah soal Rektor Impor, Memangnya Tak Ada Lagi Anak Bangsa?

Selasa, 30 Juli 2019 – 12:17 WIB
DPR Tolak Ide dari Pemerintah soal Rektor Impor, Memangnya Tak Ada Lagi Anak Bangsa? - JPNN.COM
Reni Marlinawati. Foto: Dok. FPPP

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi X DPR Reni Marlinawati menolak ide dari pemerintah mendatangkan rektor impor untuk Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH).

Reni mengatakan, ide mendatangkan rektor asing untuk PTNBH semestinya bisa dihindari jika Kementerian Ristek dan Dikti mampu memetakan persoalan dan membuat solusi peningkatan kualitas perguruan tinggi di Indonesia.

"Gagasan lama ini ibarat jalan pintas dan instan untuk meningkatkan kualitas perguruan tinggi di Indonesia. Padahal, kunci ada di pemerintah sebagai pihak regulator," kata Reni di Jakarta, Selasa (30/7).

Menurut Reni, selain akan bertabrakan dengan berbagai aturan seperti UU 14/2015 tentang Guru dan Dosen dan UU No 12/2012 tentang Perguruan Tinggi, rencana tersebut menunjukkan kurang maksimalnya Kemenristekdikti dalam membentuk sistem pendidikan tinggi yang visioner, ajek dan adaptif dengan perkembangan zaman.

"Jangan latah dengan menempel salin cara yang diterapkan oleh negara lain dengan mengimpor," ujar wakil ketua umum DPP PPP ini.

BACA JUGAA: Tolak Wacana Impor Rektor!

Reni mengingatkan bahwa pendidikan merupakan isu yang nenjadi perhatian konstitusi oleh para pendiri bangsa. Salah satu misi utama adanya negara ini tidak lain untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

"Bahkan di konstitusi secara tegas keberpihakan politik anggaran khusus untuk sektor pendidikan. Pesan moralnya, peningkatan kualitas pendidikan merupakan tanggung jawab negara," tegas Reni.

Ide rektor impor untuk PTNBH semestinya bisa dihindari jika Kementerian Ristek dan Dikti mampu memetakan persoalan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close