Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

DPRD dan Pemprov Jakarta Tambah Alokasi BTT 2023 Jadi Sebegini

Senin, 02 Januari 2023 – 14:38 WIB
DPRD dan Pemprov Jakarta Tambah Alokasi BTT 2023 Jadi Sebegini - JPNN.COM
DKI Jakarta menambah alokasi biaya tidak terduga (BTT) dalam APBD tahun anggaran 2023. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Anggaran DPRD dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) DKI Jakarta sepakat untuk menambah alokasi biaya tidak terduga (BTT) dalam APBD tahun anggaran 2023.

Ketua Banggar DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi menyebutkan penyesuaian ini dilakukan setelah draf APBD dievaluasi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Dalam rekomendasinya, Kemendagri menilai anggaran BTT DKI tahun 2023 Rp 648,5 miliar masih dianggap sangat kecil dan tidak sepadan dengan belanja daerah yang ditargetkan sebesar Rp 74,3 triliun.

“Setelah mendengar penjelasan dari pihak eksekutif terkait hasil evaluasi Kemendagri, selanjutnya DPRD DKI Jakarta akan menyampaikan surat persetujuan kepada penjabat Gubernur untuk keabsahannya,” ucap Pras dalam keterangannya, Senin (2/1).

Sementara itu, Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) DKI Michael Rolandi Cesnanta Brata menuturkan penambahan anggaran untuk BTT salah satunya akan diambil dari program-program yang tidak tercantum dalam rencana kerja pemerintah daerah (RKPD).

Selain itu, diambil dari Kebijakan Umum Anggaran dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS) rancangan APBD 2023 sebesar Rp 220,8 miliar.

“Setelah kami sisir dan lihat kembali memang ada kegiatan baru di belanja modal yang tidak ada dalam RKPD dan KUA-PPAS. Itu akan kami alihkan ke belanja tidak terduga,” kata dia.

Kemendagri juga meminta Pemprov DKI Jakarta tidak menganggarkan kegiatan pembangunan melampaui tahun anggaran (multiyears).

DPRD dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) DKI Jakarta sepakat untuk menambah alokasi biaya tidak terduga (BTT) dalam APBD tahun anggaran 2023.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close