Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dua Pekan Blokade Saudi, Begini Kondisi Yaman Sekarang

Kamis, 16 November 2017 – 14:19 WIB
Dua Pekan Blokade Saudi, Begini Kondisi Yaman Sekarang - JPNN.COM
Korban perang di Yaman. Foto: AFP

jpnn.com - Yaman terancam tak punya rumah sakit dalam waktu dekat. Pasalnya, saat ini mereka hanya punya persediaan bahan bakar untuk tiga pekan saja.

Blokade Saudi terhadap negara tentangganya itu membuat bantuan asing tak bisa masuk Yaman. Termasuk di antaranya kiriman bahan bakar minyak.

Pada Rabu (16/11), juru bicara PBB Farhan Haq menekankan bahwa bahan bakar sangat penting bagi rumah sakit untuk menghasilkan listrik sekaligus memompa dan memurnikan air.

Dia menambahkan bahwa stok vaksin difteri juga akan habis dalam waktu dua minggu kecuali pengiriman bantuan dilanjutkan.

Pada hari Selasa, juru bicara PBB Stephane Dujarric menekankan bahwa tujuh juta orang sudah berada di ambang kelaparan, dan blokade hanya akan membawa kondisi mereka semakin buruk.

Sementara itu, Kementerian Hak Asasi Manusia Yaman telah mengeluarkan sebuah pernyataan yang mengecam PBB karena ketidakmampuannya menekan Riyadh untuk mengakhiri blokade tersebut.

Yaman juga menilai bahwa kelambanan PBB memberikan lampu hijau bagi Saudi untuk melanjutkan serangan terhadap Yaman dan melanggar hukum internasional.

Awal bulan ini, Arab Saudi mengumumkan bahwa pihaknya telah menutup perbatasan udara, laut, dan darat Yaman. Kebijakan ini merupakan respons atas serangan rudal pemberontak Houti ke bandara Saudi.

Tak mempedulikan krisis kemanusiaan yang terjadi akibat kampanye pengeboman mereka, sekarang Arab Saudi menghalangi setiap bantuan asing masuk ke Yaman

Sumber RMOL.co

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close