Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

2 Sosok Teroris Ini Sangat Sulit Ditangkap Sejak Idham Azis Masih AKBP

Selasa, 22 Desember 2020 – 21:03 WIB
2 Sosok Teroris Ini Sangat Sulit Ditangkap Sejak Idham Azis Masih AKBP - JPNN.COM
Foto: Kapolri Jenderal Idham Azis. Foto Dok Humas Polri

jpnn.com, JAKARTA - Kapolri Jenderal Idham Azis menyatakan selama 2020 ini jajarannya telah menindak ratusan pelaku terorisme. Namun, ada dua sosok teroris yang menjadi sorotan Idham karena sudah dia buru sejak lama dan baru tertangkap 2020.

Keduanya ialah Zulkarnain alias Arif Sunarso yang terlibat dalam kasus teror Bom Bali I pada 2002 dan Taufik Bulaga alias Upik Lawanga.

"Sejak saya masih AKBP ini Upik Lawanga sudah saya kejar ini, sama Zulkarnain (pelaku) Bom Bali I," kata Idham dalam rilis akhir tahun secara virtual, Selasa (22/12).

Sementara untuk keseluruhan, ada 228 tersangka kasus terorisme yang ditangkap pada 2020.

Diketahui bahwa tersangka teroris Upik Lawanga alias Taufik Bulaga memiliki bungker seluas 2x3 meter di rumahnya yang ada di Lampung dan digenangi air untuk mengelabui agar tidak diketahui warga.

Lokasi kediamannya itu juga berjauhan dengan pemukiman dan berada di hamparan sawah yang luas.

Dalam kesehariannya, Upik Lawanga menjadi penjual bebek beserta telurnya dan berhasil mengumpulkan uang untuk membeli rumah dan membuat bunker.

Sementara itu, untuk Zulkarnain sebelum ditangkap Densus 88 Antiteror Polri di Lampung, sempat terus berpindah-pindah lokasi di sejumlah kota yang berada di pulau Jawa dan Sulawesi. Tercatat hingga 25 wilayah menjadi loncatan pelariannya.

Kapolri Jenderal Idham Azis mengaku telah lama mengejar sosok teroris Taufik Bulaga dan Zulkarnain. Bahkan, kedua orang itu sudah dikejar Idham sejak masih berpangkat AKBP.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close