Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dukung Industri Perikanan, PLN Pasok Penyediaan Listrik untuk Cold Storage

Rabu, 06 Maret 2019 – 00:05 WIB
Dukung Industri Perikanan, PLN Pasok Penyediaan Listrik untuk Cold Storage - JPNN.COM
Cold storage di Pelabuhan Untia, Makassar, Sulawesi Selatan. Foto: Istimewa for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Keberadaan cold storage atau gudang berpendingin sangat dibutuhkan industri perikanan baik laut maupun tambak. Dengan cold storage, nelayan atau petambak bisa menyimpan hasil tangkapannya relatif lebih lama, sehingga nilai ekonomisnya tidak menyusut akibat proses pembusukan alamiah.

“Ikan harus didinginkan segera setelah ditangkap di laut atau dipanen di tambak. Bila dalam 4 jam setelah ditangkap tidak cepat diturunkan suhunya, akan terjadi perubahan fisik, terjadi perkembangan bakteri. Jadi berbau tengik, berlendir, lembek karena terjadi perubahan mikrobiologis. Di sini peran penting cold storage pasca penangkapan atau pascapanen,” jelas Hasanuddin Yasni Ketua Umum Asosiasi Rantai Pendingin Indonesia (ARPI) di Jakarta, Selasa (5/3).

Dijelasan Hasanudin, penggunaan cold storage terbukti mampu menunjang pertumbuhan bisnis nelayan setempat sekitar 5% hingga 6%.

BACA JUGA: Menanti Investasi di Kawasan Ekonomi

PT PLN (Persero) memahami kondisi penyediaan cold storage di Indonesia. Karena itu PLN terus berupaya meningkatkan pasokan dan ketersediaan listrik untuk operasional cold storage.

Executive Vice President Corporate Communication and CSR PT PLN (Persero) I Made Suprateka menerangkan sejumlah inisiatif PLN mendukung penyediaan listrik untuk cold storage.

Pada 18 Mei 2018, PLN menyediakan listrik untuk floating cold storage pertama di Indonesia milik PT Perikanan Nusantara (persero) di Pelabuhan Untia, Makassar, Sulawesi Selatan. Pasokan listrik PLN ke Floating Cold Storage tersebut mencapai 240 kilo Volt Amper (kVA) menggunakan alat Automatic Secionalizing Switch.

"Pasokan listrik ke cold storage terapung ini merupakan pertama kalinya di Indonesia,” ujar Made, sapaannya.

Cold storage atau gudang berpendingin sangat krusial dalam industri perikanan baik laut maupun tambak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close