Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dukung Target Swasembada Gula Konsumsi 2028, PTPN Group Luncurkan Program Penguatan Tebu Rakyat

Jumat, 23 Agustus 2024 – 03:40 WIB
Dukung Target Swasembada Gula Konsumsi 2028, PTPN Group Luncurkan Program Penguatan Tebu Rakyat - JPNN.COM
Petani tebu. Foto dok PTPN Group

jpnn.com, SURABAYA - Holding Perkebunan Nusantara PTPN III menggelar peluncuran Program Penguatan Tebu Rakyat melalui PT Sinergi Gula Nusantara (SGN) untuk mendukung target swasembada gula konsumsi pada 2028 di Whiz Luxe Hotel Spazio, Surabaya, pada Rabu (21/8).

Selain peluncuran Program Penguatan Tebu Rakyat, SGN juga memperkenalkan program-program unggulan seperti Penyaluran KUR Khusus, Ekosistem Digitalisasi Tebu Rakyat, dan pengukuhan 2.150 karyawan SGN sebagai Satgas yang bertugas mengawal program tersebut.

Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara PTPN III Mohammad Abdul Ghani, menegaskan transformasi industri gula PTPN merupakan keharusan karena dampaknya bagi kesejahteraan masyarakat luas.

"Kami sadar betul bahwa di balik kesuksesan kami, ada kontribusi besar dari petani, mengingat lebih dari 260 ribu hektare dari total 500 ribu ha luas lahan nasional merupakan tebu rakyat," katanya.

Ghani juga bersyukur karena transformasi dan restrukturasi yang dilakukan PTPN telah membuahkan hasil positif, baik dari sisi kinerja keuangan maupun operasional perusahaan.

"SGN berhasil mencatatkan laba setelah mengalami tantangan keuangan yang berat, dengan laba tahun lalu sebesar Rp52 miliar yang meningkat sepuluh kali lipat menjadi Rp500 miliar tahun ini," tambahnya.

Abdul Ghani menekankan bahwa PTPN Group terus berkomitmen untuk mewujudkan swasembada gula nasional dengan memanfaatkan program-program yang sudah ada tanpa bergantung terlalu banyak pada dana APBN.

“Salah satu kesulitan yang paling besar itu adalah ketika KUR yang dibatasi oleh plafon. Namun saya harus berterima kasih kepada semua pihak karena tantangan tersebut saat ini sudah terselesaikan,” ungkapnya.

Transformasi dan restrukturasi yang dilakukan PTPN telah membuahkan hasil positif, baik dari sisi kinerja keuangan maupun operasional perusahaan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA