Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dukung Usulan Prabowo soal Alutsista, Legislator PDIP Tepis Anggapan tentang Kerugian Negara

Sabtu, 29 Mei 2021 – 16:36 WIB
Dukung Usulan Prabowo soal Alutsista, Legislator PDIP Tepis Anggapan tentang Kerugian Negara - JPNN.COM
TB Hasanuddin. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi I DPR RI Mayjen TNI (Purn) TB Hasanuddin mengungkapkan sebagian besar alutsista milik TNI sudah tua dan banyak yang berasal dari hibah negara lain.

Menurutnya, lebih baik anggaran TNI dipakai memodernkan alutsista ketimbang habis untuk membiayai pemeliharaan peralatan lawas.

"Pada prinsipnya saya setuju untuk memodernisasi alutsista TNI yang hampir 70 persen sudah tua," kata Hasanuddin melalui siaran pers, Sabtu (29/5).

Legislator PDI Perjuangan itu mengakui anggaran untuk memodernisasi alutsista cukup besar. Selain itu, situasi pandemi juga memaksa pemerintah memprioritaskan alokasi APBN untuk hal-hal mendesak.

Hasanuddin juga menyinggung usulan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto perihal alokasi anggaran Rp 1.760 triliun untuk pengadaan alutsista.

Namun, mantan sekretaris militer kepresidenan itu membantah anggapan yang menyebut usulan Prabowo tersebut telah menimbulkan kerugian negara.

"Kerugian negara bagaimana, anggarannya saja, kan, masih dihitung, bahkan mendapat persetujuan pun belum," tegasnya. 

Menurut Hasanuddin, jika Menteri Keuangan Sri Mulyani menyetujui usulan Prabowo, hal itu akan mengakselerasi modernisasi alutsista TNI secara signifikan dan memiliki efek deterens tinggi.

Mantan Sekretaris Militer Kepresidenan Mayjen (Purn) TB Hasanuddin mengungkapkan sebagian besar alutsista milik TNI sudah tua dan banyak yang berasal dari hibah negara lain.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close