Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dunia Diambang Resesi

The Fed Sediakan Pinjaman USD 85 M

Kamis, 18 September 2008 – 12:17 WIB
Dunia Diambang Resesi - JPNN.COM
WASHINGTON - Untuk kali kedua bulan ini, pemerintah AS kembali turun tangan melakukan misi penyelamatan. Menyusul penyelamatan atas dua bank KPR terbesar di AS, Fannie Mae dan Freddie Mac, Selasa malam (16/9) atau kemarin WIB (17/9) US Federal Reserve atau The Fed (bank sentral AS) giliran menjamin perusahaan swasta lain, American International Group Inc. (AIG).

Hal ini dilakukan untuk mencegah kebangkrutan perusahaan asuransi terbesar di dunia. Menurut The Fed, kebangkrutan AIG akan meningkatkan gejolak di pasar dan mengancam ekonomi yang masih rentan.

The Fed memutuskan menyediakan pinjaman darurat USD 85 miliar (sekitar Rp 799 triliun dengan kurs Rp 9.400 per USD). Kredit berjangka 24 bulan (2 tahun) itu menmakai patokan bunga setara dengan London interbank rate (LIBOR) plus 850 basis points (8,5 persen di atas bunga yang diberlakukan pada pinjaman antarbank).

Sebagai ganti, pemerintah akan mendapatkan 79,9 persen saham AIG dan hak mengganti manajemen senior atau dewan direksi. Selain itu, pemerintah akan punya hak veto atas pembayaran dividen kepada pemegang saham.

WASHINGTON - Untuk kali kedua bulan ini, pemerintah AS kembali turun tangan melakukan misi penyelamatan. Menyusul penyelamatan atas dua bank KPR

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close