Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dunia Hari Ini: WHO Menyatakan Darurat Kesehatan Wabah Cacar Monyet di Afrika

Kamis, 15 Agustus 2024 – 23:41 WIB
Dunia Hari Ini: WHO Menyatakan Darurat Kesehatan Wabah Cacar Monyet di Afrika - JPNN.COM
Ngabila Salama meminta masyarakat untuk tidak panik dengan adanya kasus cacar monyet atau monkeypox. Ilustrasi foto: Reuters: CDC/Brian WJ Mahy/Handout

Anda sedang membaca Dunia Hari Ini, rangkuman sejumlah informasi pilihan ABC Indonesia dari berbagai negara yang terjadi selama 24 jam terakhir.

Kita mulai Dunia Hari Ini edisi Kamis, 15 Agustus 2024 dari benua Afrika.

WHO: wabah mpox di Afrika sebagai darurat kesehatan global

Pernyataan itu disampaikan WHO pada Rabu (14/08) setelah wabah mpox atau yang dikenal dengan cacar monyet setelah sejumlah kasus ditemukan di Kongo dan tempat lain di Afrika.

Awal minggu ini, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Afrika mengumumkan bahwa wabah mpox merupakan darurat kesehatan masyarakat, dengan lebih dari 500 kematian, dan menyerukan bantuan internasional untuk menghentikan penyebaran virus.

"Ini adalah sesuatu yang seharusnya menjadi perhatian kita semua … Potensi penyebaran lebih lanjut di Afrika dan sekitarnya sangat mengkhawatirkan," kata direktur jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus.

CDC Afrika sebelumnya mengatakan mpox, yang juga dikenal sebagai cacar monyet, telah terdeteksi di 13 negara tahun ini, dan lebih dari 96 persen dari semua kasus dan kematian terjadi di Kongo.

Kasus meningkat 160 persen dan kematian meningkat 19 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Sejauh ini, telah terjadi lebih dari 14.000 kasus dan 524 orang telah meninggal, sementara hanya sedikit dosis vaksin yang tersedia di benua itu.

Permen mengandung metamfetamin beredar di Selandia Baru

Sebuah badan amal yang bekerja dengan para tunawisma di Selandia Baru tanpa sadar mendistribusikan permen yang mengandung dosis metamfetamin yang berpotensi mematikan.

WHO menyatakan wabah mpox atau yang dikenal dengan cacar monyet sebagai darurat kesehatan global, setelah sejumlah kasus ditemukan di Kongo dan tempat lain di Afrika

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA