Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Edhy Prabowo Tak Ingin Pulau Eksotis Ini Lepas Seperti Sipadan dan Ligitan

Rabu, 02 September 2020 – 07:29 WIB
Edhy Prabowo Tak Ingin Pulau Eksotis Ini Lepas Seperti Sipadan dan Ligitan - JPNN.COM
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo (tengah). ANTARA/HO-KKP)

jpnn.com, KALTIM - Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo tidak ingin Pulau Maratua, di Kalimantan Timur bernasib sama seperti Sipadan dan Ligitan yang lepas dari NKRI pada Desember 2002.

Pulau Maratua merupakan salah satu daratan eksotis yang berada di wilayah terluar di Laut Sulawesi dan berbatasan dengan Malaysia. Edhy mengunjungi lokasi itu dan berada di sana selama tiga hari, sejak 1 September 2020.

Menteri dari Partai Gerindra tersebut mengunjungi salah satu pulau kecil terluar itu sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam peningkatan ekonomi warga pulau-pulau tersebut.

"Agar pengalaman pahit lepasnya Pulau Sipadan dan Ligitan tidak terulang kembali," kata Menteri Edhy dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu (2/9).

Dalam kunjungan ke Pulau Maratua, mantan ketua komisi IV DPR itu diagendakan menghadiri acara gerakan memasyarakatkan makan ikan (Gemarikan), pelepasan tukik bersama Yayasan Penyu Indonesia, serta melakukan penanaman mangrove dan transplantasi terumbu karang di Pantai Green Nirvana Resort.

Edhy juga akan melakukan pertemuan dengan pemerintah daerah, berdialog dengan pelaku usaha, serta memberikan bantuan permodalan untuk masyarakat Kecamatan Maratua.

Dalam rangkaian kunjungan itu, Edhy dan rombongan akan menyeberang ke Pulau Bakungan untuk berdialog dengan pelaku usaha atau pengelola pulau. Potensi pariwisata Bahari Pulau Kakaban yang masih berada dalam wilayah Kecamatan Maratua juga menjadi perhatiannya.

Menteri kelahiran Muara Enim, Sumatera Selatan ini juga akan mengunjungi pulau eksotis yang terkenal dengan ubur-ubur endemik tak bersengat itu untuk ikut mengampanyekan kembali pariwisata bahari yang sempat mati suri akibat pandemi.

Menteri KKP ingin perekonomian masyarakat yang ada di pulau-pulau terluar lebih sejahtera.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close