Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ekonomi Digital Indonesia Bakal Naik 8 Kali Lipat, Perlindungan Data Makin Penting

Sabtu, 05 Maret 2022 – 23:53 WIB
Ekonomi Digital Indonesia Bakal Naik 8 Kali Lipat, Perlindungan Data Makin Penting - JPNN.COM
Ilustrasi platform digital Foto: OCBC NISP

jpnn.com, JAKARTA - Potensi ekonomi digital di Indonesia diperkirakan mencapai USD 146 miliar pada 2025. Presiden Joko Widodo, bahkan memprediksikan kontribusi ekonomi digital Indonesia akan naik delapan kali di tahun 2030, yaitu di angka Rp 4.531 triliun. 

Menurut Anggota Komisi I DPR RI M Farhan, hal ini tentunya perlu diimbangi dengan kualitas jaringan di seluruh Tanah Air. Juga tak kalah pentingnya adalah regulasi yang mendukung agar hal itu tercapai dengan baik.

"Di balik potensi yang menggiurkan itu ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian bersama. Hal ini terkait dengan keamanan data dan juga kualitas jaringan," ujar Farhan dalam keterangannya, Sabtu (5/3).

Dia menambahkan, industri telekomunikasi diharapkan sudah menyiapkan instrumen manajemen dan teknis untuk perlindungan data pribadi.

Hal ini kata Farhan, sangat penting mengingat Indonesia memasuki masa transformasi digital. 

Politikus Nasdem ini membeberkan adanya masalah kebocoran data dengan berbagai model. Dia mencontohkan, penjualan database ke darkweb, termasuk ancaman pencurian data lain yang tak terlihat.

"Bagaimana platform digital melakukan microtargeting, kemudian membuat algoritma memengaruhi keputusan orang lain," kata Farhan.

Dikatakannya, terkait kualitas jaringan, saat ini segala macam kegiatan termasuk perdagangan sudah terintegrasi ke dunia maya. Bukan hanya di kota, tetapi juga sudah merambah hingga pelosok yang mencoba memasarkan produknya memanfaatkan internet.

Potensi ekonomi digital Indonesia sangat besar karena itu perlu didukung dengan perlindungan data

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close