Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Eks Koruptor yang Menjabat Komisaris BUMN Ini Disentil KPK

Sabtu, 07 Agustus 2021 – 02:50 WIB
Eks Koruptor yang Menjabat Komisaris BUMN Ini Disentil KPK - JPNN.COM
Ilustrasi - KPK periksa legislator Jabar. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyentil Izedrik Emir Moeis segera menyampaikan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) ke lembaga antirasuah itu.

Pasalnya, pasca ditunjuk sebagai Komisaris PT Pupuk Iskandar Muda sejak 18 Februari 2021, eks koruptor Emir Moeis belum melaporkan harta kekayaannya yang teranyar.

Emir Moeis merupakan mantan terpidana perkara korupsi proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tarahan, Lampung pada 2004.

"Berdasarkan data pada aplikasi eLHKPN, tercatat laporan kekayaan yang disampaikan kepada kami terakhir adalah pada 26 Januari 2010 dalam kapasitas sebagai Anggota DPR RI periode 2009-2014," kata Plt Juru Bicara KPK Bidang Pencegahan Ipi Maryati Kuding dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Dia mewanti-wanti Emir Moeis yang terikat kewajiban untuk menyampaikan kembali LHKPN kepada KPK begitu diangkat dalam jabatan publik, termasuk komisaris di perusahaan pelat merah.

Ketentuan itu, kata Ipi, diperkuat dalam aturan internal PT Pupuk Indonesia (Persero) yang mewajibkan para pejabat di lingkungannya beserta anak perusahaannya untuk melaporkan harta kekayaan.

Diketahui, PT Pupuk Iskandar Muda di mana Emir menjadi komisaris merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia.

"Kami mengimbau agar (Emir Moeis) memenuhi kewajiban tersebut," ucap Ipi.

Plt Juru Bicara KPK Ipi Maryati mewanti-wanti Emir Moeis, eks koruptor yang kini menjabar komisaris di BUMN untuk segera menyerahkan LHKP ke lembaga antirasuah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close