Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Elnino: Jangan Kriminalisasi Warga yang Nobar Piala Dunia 2022

Kamis, 10 November 2022 – 08:31 WIB
Elnino: Jangan Kriminalisasi Warga yang Nobar Piala Dunia 2022 - JPNN.COM
Ilustrasi Piala Dunia 2022. Foto: peninsula

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi X DPR RI Elnino M Husein Mohi meminta jangan ada kriminalisasi terhadap warga yang nonton bareng alias nobar Piala Dunia 2022.

Menurut Elnino, setelah dilakukannya analog switch off (ASO) pada 2 November 2022, masih banyak televisi (TV) masyarakat tidak berfungsi karena belum digital.

Dengan kondisi itu, anggota DPR dapil Gorontalo itu meminta pihak yang terkait dengan pelaksanaan Piala Dunia bisa memahami dan tidak melakukan kriminalisasi jika ada warga yang nobar.

"Pihak terkait tersebut adalah Kemenpora, Kemenkominfo, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), pemegang hak siar, dll. Kesemuanya itu diminta agar melindungi warga yang nobar di Gorontalo maupun seluruh Indonesia," ujar Elnino.

Dia beralasan sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat melakukan nobar sepak bola untuk menghibur diri, terlebih saat ada event Piala Dunia.

"Tidak seru dan tidaklah menghibur jika nonton sendirian. Karena belum banyak pesawat TV yang digital ready, maka nonton beramai-ramai di satu pesawat TV/layar menjadi sulit terhindarkan," tutur legislator Partai Gerindra itu.

Elnino berkata daripada rakyat berkreasi sendiri untuk menonton Piala Dunia melalui siaran luar negeri via parabola, maka akan lebih menguntungkan para pengiklan TV di tanah air jika warga menontonnya lewat TV di Indonesia.

Namun, sebagian masyarakat takut karena dihadapkan pada ancaman pidana jika nekat nobar Piala Dunia secara ilegal atau tanpa izin pemegang hak siar.

Anggota Komisi X DPR RI Elnino M Husein Mohi minta pemerintah melindungi warga yang nobar Piala Dunia 2022, Jangan ada kriminalisasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close