Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Engelin Kardinal, Hidroponik dan Kado Natal Indah di Pulau Doom

Minggu, 24 Desember 2023 – 01:02 WIB
Engelin Kardinal, Hidroponik dan Kado Natal Indah di Pulau Doom - JPNN.COM
Engelin Kardinal, Hidroponik dan Kado Natal Indah di Pulau Doom. Foto: source for jpnn

jpnn.com, PAPUA - Hidroponik adalah salah satu cara untuk melakukan budidaya tanaman. Berbagai jenis sayuran dan buah-buahan bisa dibudidayakan dengan menggunakan metode ini.

Ramainya cara ini sehingga memudahkan kerja tenaga manusia. Terlebih bagi penduduk dengan kemampuan dasar.

Sebab, metode hidroponik sangat mudah dilakukan. Namun, harus benar-benar memahami cara penggunaannya.

Rata-rata hal ini dilakukan warga atau penduduk yang ingin bertani namun secara kebutuhan misalkan lokasi tempat lahan sangat terbatas. Baik di pedesaan, pesisir bahkan sampai di bilangan pinggiran kota.

Padahal hidroponik adalah cara bercocok tanam tanpa menggunakan tanah, biasanya dikerjakan dalam ruang kaca dengan menggunakan medium air yang berisi zat hara.

Contoh akhir-akhir ini dilakukan oleh salah seorang wanita bernama Engelin Yolanda Kardinal di pulau Doom, Sorong Kepulauan, Provinsi Papua Barat Daya.

Tak lain adalah tempat eks Vice President salah satu divisi perusahaan maskapai penerbangan Garuda Indonesia ini dilahirkan.

"Saya pensiun setelah 36 tahun bekerja di Garuda Indonesia. Nah, untuk mengisi hari-hari sekarang di tempat inilah (Pulau Doom) saya menghabiskan waktu, tetapi harus pulang pergi ke Jakarta karena keluarga juga di sana. Istilahnya ya saatnya pulang membangun tempat lahir saya," ungkapnya saat bincang-bincang.

Padahal hidroponik adalah cara bercocok tanam tanpa menggunakan tanah, biasanya dikerjakan dalam ruang kaca dengan menggunakan medium air yang berisi zat hara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close