Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Eropa

Minggu, 13 Juni 2021 – 06:40 WIB
Eropa - JPNN.COM
Peta Eropa. Foto: Google Map

jpnn.com - Upaya untuk menyatukan Eropa menjadi satu entitas politik yang utuh sudah sering dilakukan dengan berbagai cara. Namun, sangat tidak mudah -kalau bukan mustahil- menyatukan Benua Biru menjadi satu kesatuan dalam Pan-Eropa.

Gerakan penyatuan semacam itu sudah banyak dilakukan di berbagai wilayah dan selalu gagal. Pan-Islamisme selalu gagal. Pan-Arabisme hanya menjadi impian dan berantakan di tengah jalan.

Pernah dilakukan penyatuan paksa melalui kekerasan dan ideologi. Akan tetapi, eksperimen politik itu pun ambruk dan tidak bisa bertahan lebih dari setengah abad.

Baca Juga:

Komunisme di Uni Soviet dan Yugoslavia yang terbentuk melalui teror dan pemaksaan, pada akhirnya ambruk dan pecah berkeping-keping menjadi negara-negara kecil.

Tidak mudah menyatukan Eropa. Dari dulu sampai sekarang, Eropa terpecah-pecah-pecah oleh suku-suku bangsa kecil-kecil dengan ratusan bahasa yang berbeda.

Menjadikan Eropa sebagai entitas yang bersatu di bawah Pan-Eropa adalah impian lama yang sulit terealisasi.

Baca Juga:

Di panggung sejarah Eropa telah muncul orang-orang kuat yang ingin menyatukan Eropa menjadi satu. Tidak cukup dengan negoisasi politik yang damai tapi dengan kekerasan dan peperangan.

Seperti ungkapan Carl von Clausewitz dalam 'On War' (1832), perang adalah diplomasi dengan cara berbeda. Maka muncullah orang-orang kuat yang menyulut Perang Eropa, seperti, Napoleon dari Prancis dan Hitler dari Jerman.

Tidak mudah menyatukan Eropa. Dari dulu sampai sekarang, Eropa terpecah-pecah-pecah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close