Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Madura

Oleh Dhimam Abror Djuraid

Senin, 07 Juni 2021 – 10:50 WIB
Madura - JPNN.COM
Pulau Madura di Jawa Timur. Foto: Google Map

jpnn.com - Medureh elaben. Dalam Bahasa Indonesia artinya ’Madura dilawan’.

Maksudnya, orang Madura jangan dilawan. Bukan karena jago berantam sampai carok adu celurit, tapi lantaran orang Madura terkenal cerdas dan punya logika tinggi, sehingga sulit dikalahkan dalam perdebatan.

Orang Madura juga terkenal lucu dan humoris. Budayawan Emha Ainun Nadjib alias Cak Nun punya banyak koleksi humor-humor Madura yang dikumpulkan dalam buku ’Mati Ketawa ala Madura’.

Baca Juga:

Ini mirip kumpulan humor ‘Mati Ketawa ala Rusia’ yang menjadi best seller pada zaman Orde Baru.

Almarhum Gus Dur yang jago humor juga punya koleksi segudang mengenai lelucon Madura. Gus Dur yang memberi pengantar pada buku 'Mati Ketawa ala Rusia’ (Grafitti, 1986) punya cara sangat khas dalam menuturkan humor ala Madura, hingga membuat audience terbahak-bahak sampai sakit perut.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang kader NU, ternyata juga punya selera humor ala Gus Dur. Dalam beberapa kesempatan saat memberi sambutan, Khofifah suka mengutip humor ala Madura.

Baca Juga:

Dalam sebuah kesempatan mengevaluasi perkembangan penanganan pandemi Covid 19 di Jawa Timur, Mei lalu, Khofifah mendapat laporan bahwa angka penularan Covid 19 di Madura sangat rendah. Ketika itu, Khofifah sempat melontarkan komentar sambil bercanda.

"Orang Madura sakti-sakti," ujarnya. Maksudnya, orang Madura sakti tidak mempan ketularan Covid 19.

Orang Madura terkenal humoris dan lucu. Namun, hari-hari ini perkembangan Covid-19 di Madura tidak ada yang lucu, bahkan mengkhawatirkan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close