Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Erupsi Gunung Merapi, Seperti ini Update 3 Bandara yang Dikelola AP I

Jumat, 27 Maret 2020 – 15:34 WIB
Erupsi Gunung Merapi, Seperti ini Update 3 Bandara yang Dikelola AP I - JPNN.COM
Gunung Merapi mengalami erupsi, Jumat (27/3). Foto: ANTARA/HO/BPPTKG

jpnn.com, JAWA TENGAH - PT Angkasa Pura I mengupdate kondisi bandara yang dikelola perseroan di Jawa Tengah pascaerupsi Gunung Merapi sekitar pukul 10.47 WIB.

Vice President Corporate Secretary PT Angkasa Pura I Handy Heryudhitiawan menyebut Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Bandara Adi Soemarmo Solo, dan Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulon Progo tetap beroperasi normal pasca-erupsi Gunung Merapi.

Handy mengatakan, jasil paper test yang dilakukan di area sisi udara pada pukul 13.00-13.46 WIB menunjukkan nihil debu vulkanik di ruang udara Bandara Adisutjipto Yogyakarta.

Begitu pula di Bandara Adi Soemarmo Solo dan YIA di Kulon Progo.

"Kegiatan operasional 3 bandara kami di Yogyakarta dan Solo saat ini masih berjalan normal. Berdasarkan hasil paper test tidak ditemukan atau negatif volcanic ash, baik di ruang udara Bandara Adisutjipto, Bandara Adi Soemarmo, maupun YIA sehingga dipastikan aman untuk operasional penerbangan," kata Handy.

Berdasarkan informasi Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), aktivitas Gunung Merapi menunjukkan amplitudo 75 mm dengan kolom asap mencapai 5.000 meter dengan arah angin mengarah ke barat daya.

Saat ini Gunung Merapi berada pada level II atau waspada.

"Kami akan terus berkoordinasi dengan stakeholder bandara dan memantau lebih lanjut dampak perkembangan pergerakan debu vulkanik Gunung Merapi terhadap operasional bandara yang kami kelola," tambah Handy.

Saat ini Gunung Merapi berada pada level II atau waspada, lalu bagaimana kondisi bandara di Jawa Tengah?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close