Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Fadel Muhammad: Pancasila Ideologi yang Menyatukan Indonesia

Jumat, 28 Februari 2020 – 22:26 WIB
Fadel Muhammad: Pancasila Ideologi yang Menyatukan Indonesia - JPNN.COM
Fadel Muhammad. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, GORONTALO - Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad menegaskan bahwa ideologi bangsa Indonesia adalah Pancasila. Tanpa Pancasila, sangat sulit mempertahankan eksistensi negara Indonesia.

Pancasila sebagai ideologi yang mampu menyatukan Indonesia. Keragaman yang ada di Indonesia menjadi faktor yang membuat Indonesia butuh Pancasila dan tidak bisa lepas darinya.

Hal tersebut diungkapkannya, di hadapan aparat desa, tokoh agama, tokoh masyarakat dan ratusan masyarakat Kelurahan Pohe Kecamatan Hulonthalangi, Kota Gorontalo peserta Sosialisasi Empat Pilar MPR RI yang digelar di aula Kelurahan Pohe, Jumat (28/2/2020).

Hal lainnya, lanjut Fadel, yaitu UUD NRI Tahun 1945. UUD atau konstitusi sangat penting karena negara Indonesia dibangun dan berjalan baik karena ada UUD yang mengaturnya. Konstitusi juga menjadi pegangan bangsa Indonesia dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

"Rakyat Indonesia bisa berbuat apa saja di negara ini tapi mesti berdasarkan konstitusi, tidak sembarang berbuat. Hal itulah yang menjaga negara Indonesia tetap dalam keteraturan," katanya.

Indonesia juga merupakan negara kesatuan yang sangat kuat. Sangat penting untuk tetap menjaga sekuat tenaga kesatuan bangsa Indonesia dalam wadah NKRI. Jangan sampai ada satu jengkal tanahpun lepas dari Indonesia.

"Sedih kita kalau mengingat lepasnya Timtim. Ke depan jangan sampai kejadian lagi, kita mesti jaga terus. Sebab banyak potensi seperti infiltrasi asing dalam berbagai bentuk ingin memecah belah Indonesia. Waspadai hal itu," ungkapnya.

Hal yang tak kalah mesti dijaga pula sebagai anak bangsa adalah menjaga keharmonisan dalam keberagaman. Indonesia adalah Bhinneka Tunggal Ika, itu suatu keniscayaan. Keberagaman Indonesia bukan sebagai kelemahan tapi merupakan kekayaaan dan kekuatan bangsa. Empat hal ini, Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, ditegaskan Fadel Muhammad sebagai pondasi yang sangat kuat untuk sebuah rumah besar bernama Indonesia.

Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad menegaskan bahwa ideologi bangsa Indonesia adalah Pancasila. Tanpa Pancasila, sangat sulit mempertahankan eksistensi negara Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close