Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Wakil Ketua MPR tak Mau Kejadian Lagi seperti Timor Timur Melepaskan Diri

Jumat, 28 Februari 2020 – 21:10 WIB
Wakil Ketua MPR tak Mau Kejadian Lagi seperti Timor Timur Melepaskan Diri - JPNN.COM
Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad saat acara Sosialisasi Empat Pilar. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, GORONTALO - Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad, menyebut ideologi bangsa yakni Pancasila sudah final. Menurut dia, Pancasila wajib dipertahankan. Sebab, tanpa Pancasila keberadaan Indonesia terancam sebagai negara.

Fadel mengungkapkan itu saat menjadi pembicara di acara Sosialisasi Empat Pilar MPR RI yang digelar di Kelurahan Pohe, Kota Gorontalo, Jumat (28/2).

"Pancasila sebagai ideologi yang mampu menyatukan Indonesia. Keragaman yang ada di Indonesia menjadi faktor yang membuat Indonesia butuh Pancasila dan tidak bisa lepas darinya," kata Fadel, Jumat.

Selain Pancasila, kata Fadel, Indonesia perlu mempertahankan UUD 1945 sebagai konstitusi negara. Sebab, UUD 1945 menjadi pegangan bangsa Indonesia dalam hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

"Rakyat Indonesia bisa berbuat apa saja di negara ini tapi mesti berdasarkan konstitusi, tidak sembarang berbuat.  Hal itulah yang menjaga negara Indonesia tetap dalam keteraturan," kata dia.

Tidak lupa, Fadel juga mengingatkan tentang bentuk Indonesia yang merupakan negara kesatuan. Menurut dia, jangan sampai ada satu jengkal tanah pun lepas dari Indonesia.

"Sedih saya kalau mengingat lepasnya Timor-Timur. Ke depan jangan sampai kejadian lagi, harus dijaga terus. Sebab banyak potensi seperti infiltrasi asing dalam berbagai bentuk ingin memecah belah Indonesia," ungkap dia.

Mengakhiri ucapannya di hadapan masyarakat Gorontalo, Fadel mengingatkan tentang pentingnya menjaga keharmonisan dalam keberagaman yang tercermin di dalam filosofi Bhinneka Tunggal Ika.

Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad, menyebut ideologi bangsa Pancasila sudah final. Pancasila wajib dipertahankan, sebab tanpanya keberadaan Indonesia terancam sebagai negara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close