Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Fadli: Ada 3 Pertimbangan Mendukung Perpres Rancangan Alpalhankam 2020-2044

Senin, 07 Juni 2021 – 23:52 WIB
Fadli: Ada 3 Pertimbangan Mendukung Perpres Rancangan Alpalhankam 2020-2044 - JPNN.COM
Ketua Umum IKM Fadli Zon. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Fadli Zon menyebutkan setidaknya ada tiga pertimbangan mendukung Perpres rancangan pemenuhan Alat Peralatan Pertahanan dan Keamanan (Alpalhankam) tahun anggaran 2020-2044.

Pertama, kata Fadli, rancangan itu menjadi terobosan yang menjawab percepatan modernisasi Alpalhankam. 

Sebab, kata dia, kondisi Alpalhankam Indonesia memang sudah tidak memadai, baik dari sisi jumlah, maupun segi usia.

Sekitar 70 persen Alpalhankam tanah air, menurut Fadli, umurnya sudah uzur.  

"Tragedi tenggelamnya KRI Nanggala 402, salah satu faktor penyebabnya adalah karena usia yang sudah tua. Selama ini anggaran TNI banyak tersedot untuk pemeliharaan alpahankam yang sudah tak layak pakai," kata Fadli dalam keterangan persnya, Senin (7/6).

Kedua, lanjut dia, dari sisi anggaran melakukan modernisasi dengan menyatukan alokasi anggaran pertahanan 25 tahun, bisa meningkatkan kapasitas pengadaan alpahankam secara lebih komprehensif. 

Hal itu bisa meningkatkan posisi tawar Indonesia, juga dianggap Fadli, lebih efisien dibanding pengadaan dilakukan secara terpisah dan parsial. 

"Jika diukur dari PDB (Produk Domestik Bruto) tahun 2020 sebesar 15.434,2 triliun, anggaran yang dialokasikan pemerintah untuk alutsista selama 25 tahun itu sebenarnya hanya pada kisaran 0,6-0,7 persen setiap tahunnya. Kalau merujuk pada dokumen MEF, idealnya sejak MEF II, antara 2014 hingga 2019, alokasi anggaran pertahanan kita sudah ke arah 1,5 persen dari terhadap PDB," tutur dia.